spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Menakar Peran dan Tantangan Lembaga Pemeringkat Kredit

Indah menambahkan hal tersebut dikarenakan karakteristik UMKM yang mudah berubah menyesuaikan dengan perkembangan bisnis dan lingkungan sekitar. Di samping itu, dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini pemberian kredit kepada UMKM juga sudah mulai berubah.

“Saat ini akses kredit UMKM semakin luas antara lain melalui paylater, P2P lending, maupun platform lainnya. Debitur bisa saja cukup berada di rumah begitupun analisis cukup dilakukan di meja petugas lembaga jasa keuangan,” imbuhnya.

- Advertisement -

Lebih jauh Indah menjelaskan, bahwa LPIP diharapkan dapat memiliki kematangan dari sisi database, diversifikasi end user, dan penyediaan produk dan layanan, sehingga ke tahap berikutnya dapat melakukan ekspansi layanan dalam value added services kepada end user.

Adapun dari sisi perbankan LPIP memiliki tantangan yang lebih besar jika dibandingkan dengan industri lainnya. Hal ini dikarenakan industri perbankan lebih mature dan umumnya telah memiliki internal credit scoring dengan proses yang cepat untuk jenis kredit tertentu.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini