spot_img
Senin, Mei 6, 2024
spot_img

Melihat Singapura, Thailand, dan Indonesia Kudu Banyak Bersyukur

Perekonomian Thailand juga dikembangkan dengan berorientasi ekspor dan bersandar ke sektor jasa. Ekspor barang dan jasa berkontribusi 74% dari PDB. Ekspor Thailand ambles 20,41% pada 2020 menjadi US$ 257,70 miliar.

Perlambatan ekonomi Eropa juga akan berimbas ke ASEAN karena besarnya ekspor kawasan tersebut ke Benua Biru. Nilai ekspor ASEAN ke Uni Eropa menembus 136 miliar euro pada 2021, naik 120 miliar euro dibandingkan tahun sebelumnya.

- Advertisement -

Ekonom senior Asian Development Bank (ADB) James Villafuerte mengatakan dampak perlambatan ekonomi Eropa ke kawasan ASEAN akan berbeda kepada masing-masing negara. Vietnam dan Malaysia merupakan negara yang diproyeksi terimbas besar dari perlambatan ekonomi Eropa.

Sebanyak 115% ekspor Vietnam dikirim ke Uni Eropa sementara Malaysia sebesar 10%. Lalu, negara ASEAN mana yang aman dari resesi global?

- Advertisement -

“Indonesia dan Filipina lebih terlindungi dari dampak perlambatan global dan resesi AS karena orientasi ekonominya lebih ke domestik,” ujarnya.

Pengalaman pada 2008/2009 membuktikan bagaimana Indonesia masih tahan banting selama periode krisis finansial. Sebaliknya, Singapura dan Thailand ambruk.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini