spot_img
Selasa, Mei 7, 2024
spot_img

Melihat Singapura, Thailand, dan Indonesia Kudu Banyak Bersyukur

Thailand Terancam Resesi, Indonesia Aman?
Selain Singapura, Thailand menjadi negara ASEAN yang paling terancam oleh resesi. Negara Gajah Putih rawan terkena resesi, terutama karena besarnya ketergantungan mereka terhadap sektor pariwisata.

Sektor pariwisata berkontribusi 11% terhadap PDB pada pra-pandemi. Setidaknya 40 juta turis mengunjungi Thailand dan mendatangkan penerimaan sebesar US$ 60 miliar.

- Advertisement -

Pandemi datang dan Thailand hanya kedatangan 6,7 juta wisatawan pada 2020 dan 428.000 wisatawan pada 2021. Rendahnya kunjungan membuat ekonomi mereka jeblok. PDB Thailand terkontraksi 6,2% (yoy) pada 2020. Ekonomi Thailand tumbuh 1,6% pada tahun lalu, terendah dibandingkan 10 negara Asia lainnya.

Salah satu penyumbang terbesar industri Thailand adalah turis dari China. Sebanyak 12 juta turis China mengunjungi Thailand pada 2019 atau sebelum pandemi tetapi jumlahnya menyusut hingga menjadi 13.043 wisatawan pada 2021.

- Advertisement -

“Wisatawan belum kembali mengunjungi kawasan Asia Tenggara, termasuk wisatawan China. Selama turis China belum kembali, maka perekonomian Thailand akan tetap sulit bangkit,” tutur Irvin Seah, ekonom senior DBS Group Research.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini