spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

“Mazhab” RISKA

Oleh: Geisz Chalifah

KNews.id- Di acara Dua Sisi TV One selasa malam 7 Maret 2023. Saya menggunakan Hoodie Bertuliskan RISKA. Beberapa teman bertanya tentang apakah RISKA masih ada? Bagaimana aktifitasnya sekarang dan sebagainya.

- Advertisement -

Riska adalah singkatan dari Remaja Islam Sunda Kelapa. Yang diinisiasikan oleh Bang Ical (Faisal Motik).

Sekertariatnya menyatu dengan Masjid Sunda Kelapa yang berada di Menteng Jakarta Pusat.

- Advertisement -

Di masa akhir 70an awal 80an, banyak organisasi Remaja Masjid berdiri. Diantaranya YISC ( Masjid Al Azhar) lalu Remaja Masjid Cut Mutiah dsbnya. Dengan beragam kegiatan dari masing-masing komunitas.

Namun yang unik dari RISKA adalah; RISKA di masa itu seperti kanalisasi yang mendinginkan keadaan.

- Advertisement -

Di masa Soeharto berkuasa, ketidakpuasan terhadap rezim terjadi di mana-mana termasuk di Jakarta. Perlakuan penguasa terhadap ulama maupun umat islam seringkali menciptakan ketegangan.

RISKA menjadi katub pendingin yang siapapun dari kubu manapun diundang untuk memberi materi di Masjid Sunda Kelapa. Tak ada pejabat sekaliber Menteri yang tak hadir bila diundang oleh Riska demikian pula para tokoh oposisi. RISKA menempatkan diri selalunya di tengah.

Dalam berbagai kegiatannya, RISKA sangat dekat dengan era anak muda saat itu, namun tidak dengan tampilan islam formal melainkan lebih kepada budaya pop.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini