spot_img
Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

Massa Menggelar Aksi Topo Bisu di Depan Rumah Dinas Wali Kota Solo, Gibran

KNews.id – Massa menggelar aksi topo bisu di depan rumah dinas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung. Di tengah aksi demo, massa pun didatangi oleh Gibran.
Aksi dimulai sekira pukul 09.30 WIB. Massa yang mengatasnamakan diri dari Aliansi Masyarakat Surakarta memulai aksi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Aksi kemudian dilanjutkan dengan pembentangan spanduk seperti ‘Komunitas Pegiat Budaya Topo Bisu’, ‘Ojo Dumeh’.

Tak ada orasi atau komunikasi yang dilakukan massa. Sekira pukul 10.00 WIB, massa kemudian membubarkan diri dan kembali ke kawasan Sriwedari.

- Advertisement -

Koordinator aksi Joko Suranto (56), warga Serengan mengatakan jika aksi ini dilakukan secara spontanitas oleh Aliansi Masyarakat Surakarta. “Tujuannya kita topo bisu, tidak ada tendensi ke mana-mana. Mungkin kita mengingatkan pimpinan di Solo, supaya Kota Solo tetap damai dan tentram. Masyarakat tidak butuh apa-apa, masyarakat butuh damai,” kata Joko.

Dia menuturkan, topo bisu merupakan aksi yang dilakukan masyarakat Jawa, ketika pemimpin sudah diingatkan. Dia menegaskan tak ada tendensi politik di balik aksi itu.

- Advertisement -

“Kita orang Jawa, dari nenek moyang dulu istilahnya topo bisu ya yen koe tak elingke wegah (kalau kamu sudah diingatkan tidak mau), aku tak meneng wae (saya tak diam saja). Gitu aja. Bahasa kerennya, yen koe dielingke karo masyarakatmu ra digugu (kalau kamu diingatkan oleh masyarakatmu tidak digubris), yo kita cuek aja. Orang Jawa tetap halus, orang Jawa tidak bisa kasar, tetep sabar,” ucapnya.

“Tidak ada (dinasti politik). Kita topo bisu, tidak ada tendensi politik. Tidak ada ini masalah MK itu, kami masyarakat Solo saya kira tidak ada komen apa-apa. Monggo, itu keputusan MK, kita nggak tahu,” lanjutnya. (Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini