spot_img
Minggu, Februari 25, 2024
spot_img

Mahfud Soal Istilah Sulit Carbon Capture Storage dalam Debat Cawapres: Mestinya yang Substansial Saja

KNews.id – Baru-baru ini saat ditemui awak media, Mahfud MD buka suara soal istilah sulit yang ia dapatkan selama adu gagasan dalam debat Cawapres 22 Desember 2023 lalu. Mahfud MD yang sedang berada di acara sholawatan bersama Partai Perindo di Kraksaan, Kabupaten Probolinggo itu menanggapi santai soal pertanyaan Cawapres nomor urut 2 itu.

Diketahui Gibran Rakabuming Raka memberikan pertanyaan kepada Mahfud MD dengan istilah Carbon Capture Storage (CCS). Mahfud MD mengatakan sebenarnya setingkat Cawapres harusnya bisa memberi pertanyaan yang substansial. Pertanyaan yang dilontarkan oleh Gibran Rakabuming Raka menurutnya sah-sah saja namun tampak seperti ujian siswa SMA.

- Advertisement -

Cawapres nomor urut 3 ini memberikan contoh bagaimana pertanyaan yang substansial, misalnya seperti menguraikan latar belakang dan maknanya.

“Enggak apa-apa itu kan seperti ujian SMA mencari yang ditulis, kalau ada tingkat tinggi itu mestinya yang substansi saja diuraikan latar belakangnya lalu apa maknanya,” ucap Cawapres nomor urut 3 yang dikutip Kilat.com dari Youtube Kompas Tv pada 25 Desember 2023.

- Advertisement -

Kalau sekedar mencari istilah sulit, Mahfud MD ungkap bisa mencari seribu istilah sulit dalam sehari jika dibandingkan dengan satu istilah Carbon Capture Storage.

“Kalau cuma istilah-istilah sulit saya bisa mencari 1000 istilah sulit sehari yang orang lain gak tahu kalau cuma mencari itu ya,” kata Mahfud MD pada 24 Desember 2023.

Mahfud MD mengatakan istilah sulit tersebut tidak mempengaruhi dirinya dan pasangannya Ganjar Pranowo. Hanya dirinya mempertanyakan mengapa dalam sekelas debat Cawapres pertanyaan mengenai maksud istilah sulit harus dipertanyakan.

“Enggak saya biasa saja, tapi harus mengapa ini begini lalu apa begitu bukan tanya apa maksudnya itu begitu ya,” ungkap Mahfud MD.

Meski begitu, Cawapres nomor urut 3 ini mampu menjawab pertanyaan dari Gibran Rakabuming Raka soal regulasi Carbon Capture Storage. Salah satunya jawaban Mahfud MD atas regulasi Carbon Capture Storage yaitu membuat naskah akademik dan menambahkan sistem SIPD.

Namun jawaban tersebut kurang memuaskan Cawapres nomor urut 2 lantaran dinilai mengambang dan belum menjawab penuh pertanyaan yang diberikannya.

“Apa regulasinya pak untuk Carbon Capture and Storage simpel sekali pak pertanyaan saya, mohon dijawab pak sesuai pertanyaan yang saya pak nggak perlu ngambang ke mana-mana pak, terima kasih,” ujar Gibran Rakabuming Raka.  (Zs/Klt.com)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini