spot_img
Jumat, Mei 3, 2024
spot_img

Lima Tempat Makan Favorit Ridwan Kamil di Bandung, Ada Es Krim dan Bubur Ayam

KNews.id – Ridwan Kamil resmi berhenti menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat pada 5 September 2023. Ia memiliki tempat makan favorit di Bandung yang patut dicoba. Ini rekomendasinya!
Ridwan Kamil menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat untuk periode 2018-2023. Masa jabatannya ini akan berakhir pada Selasa, 5 September 2023.

Usai jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil digadang-gadang akan maju dalam Pilgub DKI Jakarta atau menjadi petahana Pilgub Jawa Barat. Bahkan, namanya juga masuk beberapa survei akan menjadi Cawapres dalam Pilpres 2024, seperti dikutip dari detikJabar (5/8/2023).

- Advertisement -

Ridwan Kamil diketahui memiliki beberapa tempat makan favorit yang rasanya patut dicoba. Di antaranya adalah Bubur Ayam Pak Otong, Sweet Cantina Ice Cream, hingga Warung Mak Eha yang legendaris di Bandung.

Berikut 5 tempat makan favorit Ridwan Kamil di Bandung:

- Advertisement -

1. Sweet Cantina

Tempat makan favorit Ridwan Kamil Foto: Instagram @sarahbacas
Sweet Cantina merupakan toko es krim yang hits di kawasan Braga, Bandung. Setiap harinya toko es krim ini tak pernah sepi pembeli terlebih di akhir pekan.
Beragam varian es krim ditawarkan oleh Sweet Cantina. Bisa menikmatinya di atas cone, cup, ataupun dijadikan sandwich dengan paduan cookies.

- Advertisement -

Ridwan Kamil yang sering jalan-jalan di sekitar Braga sempat mampir jajan es krim di sana. Menu favoritnya adalah es krim dengan cita rasa marie regal. Harganya sekitar Rp 30.000-an.

2. Bubur Ayam Pak Otong

Nikmatnya Bubur Legendaris 76 Tahun Langganan Ridwan Kamil Foto: detikcom
Ridwan Kamil juga penggemar bubur ayam. Salah satu warung makan bubur ayam langganannya adalah Bubur Ayam Pak Otong yang berlokasi di Jalan Sudirman, Bandung.

Warung bubur ayam ini juga sudah legendaris sejak 1947. Jam operasionalnya mulai dari 17.00 WIB hingga tengah malam. Harga per porsinya sekitar Rp 12.000 – Rp 22.000.

Bubur ayam favorit Ridwan Kamil ini memiliki tekstur yang lembut dan agak cair. Buburnya juga tak dilengkapi dengan kuah kaldu atau kecap manis. Seporsinya disajikan dengan merica bubuk, ayam suwir, cakwe, bawang goreng, dan seledri.

3. Warung Mak Eha

Legendaris di Pasar Cihapit! Warung Mak Eha Tawarkan Gepuk dan Pepes Nikmat Foto: detikcom
Pasar Cihapit kini dikenal sebagai spot kulineran menarik di Bandung. Salah satu yang patut dicoba adalah Warung Mak Eha yang ada di dalam pasar.
Warung Mak Eha ini ternyata juga langganan Ridwan Kamil. Ia sering menikmati makan siang di warung makan yang usianya 93 tahun ini.

Menu yang ditawarkan oleh Mak Eha adalah masakan rumahan khas Sunda. Menu daging gepuk hingga perkedel menjadi andalan dari Warung Mak Eha ini. Di sini juga menyediakan aneka tumisan sayuran, aneka pepes, ayam goreng, dan sambalnya sangat sedap.

4. Vandel Cafe

Vandel Cafe juga menjadi tempat makan yang sering dikunjungi oleh Ridwan Kamil. Kafe yang buka sejak pukul 6 pagi ini memang terkenal untuk menikmati sarapan enak.
Lokasi Vandel Cafe ada di Jalan Sulanjana No. 30, Bandung. Kafenya berada di rumah bergaya jadul yang bagian terasnya disulap menjadi area makan. Ridwan Kamil beberapa kali terlihat menikmati sarapan di Vandel Cafe.

Saat itu ia menikmati seporsi bubur yang sajian topping-nya komplet. Selain bubur, ternyata ada menu nasi kuning, gado-gado, hingga lontong kari. Harga makanan di sini juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 10.000-an saja.

5. Kupat Tahu Gempol

Warung Kupat Tahu Gempol Foto: Tya Eka Yulianti
Satu lagi tempat makan favorit Ridwan Kamil yang patut dicoba kalau kulineran di Bandung. Yaitu Kupat Tahu Gempol yang memang sudah terkenal dan legendaris.

Warung makan kupat tahu ini sudah ada sejak 1965. Sejak dulu lokasinya tak pernah berubah, yaitu di Jalan Gempol. Buka sejak pukul 6 pagi, warung kupat tahu ini laris-manis diserbu pembeli.
Kupat Tahu Gempol ini pernah disebut-sebut oleh Kang Emil dalam wawancaranya di sebuah majalah. Kupat tahu di sini memiliki sajian saus kacang yang digiling halus dengan paduan rasa gurih dan manis. Harganya juga terjangkau sekitar Rp 18.000-an per porsi.

(Zs/Dtk.Fd)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini