spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Lima Perempuan Hebat di TNI-Polri, Nomor Satu Faridah Faisal

2. Christina Maria Rantetana

Di matra Angkatan Laut, Laksamana Muda TNI (Purn) Christina Maria Rantetana adalah perwira perempuan pertama yang memperoleh pangkat bintang. Ia menjadi laksamana pertama (jenderal bintang satu) pada 1 November 2002. Kemudian, bintang dua diraihnya pada 2013 dengan pangkat laksamana muda.

- Advertisement -

Lahir di Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada 24 Juli 1955, Christina pernah menjabat sebagai Staf Ahli Menko Polhukam RI Bidang Ideologi dan Konstitusi pada 2013 sebelum pensiun. Sebelumnya, ia merupakan anggota DPR RI dari Fraksi TNI/Polri selama dua periode. Christina mengakhiri masa tugasnya di TNI AL pada 2013, setelah berkarier sejak 1979. Pada 31 Juli 2016, Christina meninggal di Rumah Sakit Angkatan Laut, Jakarta di usia 61 tahun. Ia dimakamkan di pemakaman tradisional Toraja.

3. Reki Irene Lumme

- Advertisement -

Marsekal Muda TNI Reki Irene Lumme adalah perwira perempuan pertama di TNI AU yang tembus bintang dua. Lulusan Sepamilwa (Perwira Prajurit Karier) 1993 dari kecabangan khusus ini memperoleh pangkat marsekal muda (marsda) pada 10 Agustus 2021.

Kini, Irene menjabat sebagai dosen tetap Universitas Pertahanan sejak 29 Juli 2022. Sebelumnya, perempuan kelahiran Pasuruan, Jawa Timur pada 11 April 1966 ini merupakan Oditur Jenderal TNI Badan Pembinaan Hukum TNI. Beberapa posisi yang pernah dijabat Irene antara lain Kadilmilti II Jakarta, Kadilmilti I Medan, dan Waka Dilmilti II Jakarta. Pada 2019, Irene sempat mengikuti seleksi calon hakim agung.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini