spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Lepas dari Keluarga Cendana, Kini Pengelolaan TMII Diserahkan kepada PT TWK

KNews.id- Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyerahkan pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kepada PT Taman Wisata Candi (PT TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero). BUMN satu ini akan mengelola aset negara tersebut selama 25 tahun mendatang.

Penyerahan ini dikukuhkan dalam penandatanganan perjanjian KSP TMII oleh Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama dan Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono. Yang juga disaksikan Menteri Sekretaris Negara, Pratikno; Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo; dan perwakilan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

- Advertisement -

Pemilihan PT TWC sebagai Mitra KSP TMII dilakukan sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan. Salah satu pertimbangannya bahwa PT TWC merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pengembangan pariwisata.

Dalam  perjanjian KSP tersebut ditegaskan bahwa Pengelolaan TMII oleh PT TWC sebagai mitra KSP dilaksanakan dalam jangka waktu 25 tahun terhitung sejak 1 Juli.

- Advertisement -

Dimana dengan kewajiban Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) berupa kontribusi tetap dan kontribusi berdasarkan proporsi pembagian keuntungan yang telah disepakati. Sehingga pengelolaan TMII ke depan akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pendapatan negara.

Dengan ditandatanganinya kerja sama pemanfaatan ini, Kemensetneg mengharapkan PT TWC melakukan sinergi untuk membangun potensi TMII yang dapat menarik lebih banyak wisatawan.

- Advertisement -

Termasuk menjadikan masukan atau aspirasi masyarakat yang telah dihimpun oleh Kemensetneg sebagai salah satu dasar dalam pengembangan TMII yang lebih baik kedepannya.

“Bagaimana kita bisa mengembalikan keindahan kebhinekaan Indonesia, kekayaan kebudayaan Indonesia, dan keindahan alamnya Indonesia melalui Taman Mini Indonesia Indah sebagai The Ultimate Showcase of Indonesia,” kata Mensesneg Pratikno, Kamis (1/7).

Selama berlangsungnya KSP, TMII tetap menjadi milik Kemensetneg. Sehingga PT TWC tidak boleh mengalihkan atau menjaminkan kepada pihak lain. Di sisi lain PT TWC juga wajib menyampaikan laporan kepada Kemensetneg.

“PT TWC wajib menyampaikan laporan-laporan kepada Kemensetneg terkait dengan pelaksanaan pengelolaan Objek KSP,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan bahwa PT TWC  memiliki visi untuk menjadikan TMII sebagai heritage destination management di tingkat global. PT TWC akan mentransformasi Taman Mini menjadi Indonesia opera yang tetap mengangkat keberagaman budaya Indonesia dengan menampilkan sisi yang lebih kekinian, relevan, dan inspiratif.

“PT TWC telah memiliki rencana jangka pendek ataupun jangka panjang, termasuk diantaranya community engagement, cultural entertainment, education & preservation, tourism dan international events yang akan dilakukan di wajah baru TMII sebagai Indonesia Opera. Melalui kerja sama pemanfaatan TMII, diharapkan tercipta sebuah landmark Indonesia yang juga dapat mengoptimalisasi wisatawan global nantinya,” ungkap Kartika Wirjoatmodjo. (Ade/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini