Legislator NasDem Tak Sependapat dengan Megawati soal Bubarkan KPK

Knews.id – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku sempat mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar membubarkan KPK. Anggota Komisi III DPR Fraksi NasDem Taufik Basari menegaskan Indonesia masih butuh KPK.
“Ya gini, saat ini kita masih membutuhkan KPK ya, terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ada, kita masih membutuhkan KPK,” kata Taufik Basari kepada wartawan, Selasa (22/8/2023).

Pria yang akrab disapa Tobas ini mengatakan pembubaran KPK tidak bisa hanya sekadar lewat pernyataan. Menurutnya, dibutuhkan evaluasi mendalam terkait itu.
“Ya itu tentu tidak bisa hanya sekadar disampaikan melalui statement saja, tapi harus didahului dengan evaluasi. Evaluasi ini harus menyeluruh, apakah memang lebih baik tidak ada KPK sehingga diserahkan kepada institusi penegak hukum lainnya ataukah masih dibutuhkan. Jadi tidak bisa kemudian memiliki satu gagasan yang didasarkan pada evaluasi terlebih dahulu,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ketua DPP NasDem ini menyebutkan tidak perlu mempertentangkan antara Kejaksaan Agung dan KPK. Dia menilai tidak perlu membandingkan kinerja keduanya.
“Tidak perlu dianggap sebagai sesuatu hal yang melemahkan KPK ataupun dianggap KPK menjadi lemah karena kejaksaan agung banyak melakukan penegakan hukum di bidang korupsi, tidak bisa saling dipertentangkan,” ujar dia.

“Justru kita harus melihat kedua institusi penegakan hukum ini harus saling mengisi. Di dalam proses pemberantasan korupsi ini kan tidak hanya dalam hal penindakan saja, tapi juga ada pencegahan,” sambungnya. Dia juga tidak setuju Megawati mengatakan KPK bekerja tidak efektif. Menurutnya, harus didalami dahulu apa yang menyebabkan Megawati ingin agar KPK dibubarkan.

“Jadi kita lihat apa yang menyebabkan Ibu Mega menyatakan tidak efektif. Itu yang harus dijelaskan kepada publik terlebih dahulu. Apakah ada kajiannya, apakah ada evaluasinya, kalau ada evaluasinya ayo kita bahas bersama-sama. Apakah evaluasi ini berujung pada kebutuhan untuk membubarkan ataukah ke arah perbaikan, itu kan bisa macam-macam. Oleh karena itulah, kembali apa pun gagasan yang kita dorong, sebaiknya didasarkan pada evaluasi terlebih dahulu,” tuturnya.

Megawati Sempat Minta KPK Dibubarkan
Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri mengungkap obrolannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Megawati sempat mengatakan ke Jokowi untuk membubarkan KPK karena dinilai tak efektif.
Hal itu disampaikan Megawati saat menjadi pembicara di acara Sosialisasi Buku Teks Utama Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah pada Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka. Megawati awalnya berbicara tentang rakyat yang masih miskin dan korupsi masih saja terjadi.

Megawati juga menyinggung saat dia masih menjabat Presiden RI. Kala itu dia menghadapi 300 ribuan kredit macet. Barulah kemudian Megawati mengungkap obrolannya dengan Jokowi. Megawati mengatakan pernah mengatakan kepada Jokowi agar KPK dibubarkan karena tidak efektif.

“Saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, ‘Udah deh bubarin aja KPK itu, Pak, menurut saya nggak efektif’. ‘Ibu nek kalau ngomong ces pleng’,” kata Megawati di The Tribrata Darmawangsa, Jaksel, Senin (21/8). Dia menirukan percakapan dengan Jokowi. (Zs/Dtk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini