spot_img
Kamis, Maret 28, 2024
spot_img

LBP: Pemerintah tidak Menduga Covid Melonjak dengan Cepat!

KNews.id- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan saat ini Indonesia sudah masuk dalam worst case scenario atau skenario terburuk dalam penanganan Covid-19. Luhut mengungkapkan, pemerintah mempersiapkan skenario terburuk jika angka penularan mencapai 100 ribu kasus per hari.

“Kami ini sudah pada sampai di worst case scenario ya. Kami memang sudah duga penularannya akan tinggi, meski kami tak menduga bisa secepat ini,” ujar Luhut dalam konferensi pers, Kamis (15/7).

- Advertisement -

Luhut menjelaskan Pemerintah berupaya untuk bisa menekan angka penularan meski memang ini perlu kerjasama semua pihak. Luhut juga menjelaskan pemerintah menjaga untuk paling tidak angka penularan tidak mencapai 60 ribu per hari.

“Ya kita berharap jangan lebih daripada 60 ribu karena itu nanti mesti ada perkiraan lain lagi,” katanya.

- Advertisement -

Pemerintah telah menyiapkan skenario jika terjadi peningkatan kasus yang signifikan. Luhut menyebut, Indonesia telah mengamankan stok vaksin sebesar 480,7 juta dosis. Pada bulan Juli ini vaksinasi ditargetkan mencapai rata-rata 1 juta per hari.

Penambahan kapasitas tempat tidur rumah sakit juga sudah disiapkan, termasuk pembukaan rumah sakit lapangan atau darurat untuk perawatan isolasi dan intensif. Selain itu, tempat diklat dan wisma yang dimiliki kementerian atau lembaga juga akan dimanfaatkan untuk tempat isolasi Covid-19. Rumah sakit dan fasilitas yang dimiliki TNI-Polri juga dimanfaatkan maksimal.

- Advertisement -

“Kami kerahkan semua source yang ada. Harapannya ini bisa mengendalikan kondisi,” ujar Luhut. (AHM)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini