spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Korlantas Polri Gandeng BNI Kembangkan Sistem Sinar, SIM Online Presisi

KNews.id- Dalam rangka mendukung Program Prioritas Kapolri saat ini yang disebut ‘Presisi’ yakni Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan, Korlantas Polri menggandeng BNI dalam pelayanan sim secara online.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama antara Korlantas Polri dengan BNI yang ditandatangani oleh Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, Sis Apik Wijayanto di Jakarta, Rabu, 7 April 2021.

- Advertisement -

Kerja sama tersebut merupakan salah satu upaya BNI untuk menjawab tantangan di masa pandemi Covid-19, terutama dalam peningkatan dan penerapan layanan secara digital kepada para nasabahnya, termasuk untuk Korlantas Polri.

Dengan kerja sama ini, masyarakat kini tidak perlu bersusah payah datang ke kantor satpas atau simling, bahkan untuk pengiriman SIM bisa melalui jasa dari PT Pos Indonesia ke alamat pemohon atau bisa mengambil sendiri di kantor satpas yang telah mereka pilih.

- Advertisement -

Dalam penggunaan aplikasi SIM nasional ini, masyarakat hanya perlu mendownload aplikasi Sinar yang tersedia pada app store maupun playstore. Aplikasi perpanjangan sim untuk pengisian data secara online bisa dimana saja, dan diharapkan memudahkan masyarakat.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono menyampaikan, aplikasi Sinar ini berisi layanan perpanjangan SIM A dan SIM C secara online tanpa kehadiran pemohon, layanan uji teori sim secara online, layanan pemeriksaan psikologi melalui aplikasi e-ppsi, dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi e-rikkes.

- Advertisement -

Dalam hal pembayaran yang bekerja sama dengan BNI secara cashless, menunjukkan bahwa Polri mengusung digitalisasi layanan kepada masyarakat dengan lebih transparan dan modern.

Sementara itu, Sis Apik menjelaskan, penandatangan nota kesepahaman tidak hanya seremonial belaka, namun implementasi di lapanganlah menjadi hal yang terpenting. Pihaknya berharap, pelaksanaannya bisa sesuai dengan apa yang diinginkan.

“BNI juga telah siap dengan layanan digital untuk pembayaran PNBP SIM, dimana pemohon SIM bisa melakukan pembayaran pnbp SIM dengan virtual account (VA) BNI melalui berama chanel (ATM, MOBILE banking, teller) dan juga  pembayaran bisa dilakukan dari channel bank lain,” tutupnya. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini