spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Kemenag Buka Suara Soal Makan Siang Gratis Pakai Dana BOS

 

KNews.id – Kementerian Agama (Kemenag) buka suara soal rencana program makan siang gratis menggunakan dana BOS atau Bantuan Operasional Sekolah. Makan siang gratis merupakan program pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

- Advertisement -

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, perlu ada pembahasan lintas kementerian untuk membahas program ini. Diketahui, kewenangan mengalokasikan dana BOS diberikan kepada Kemendikbudristek dan Kemenag. Namun, Ali tidak berkenan menjelaskan pembahasan apa saja yang dimaksud.

“Untuk sementara, komentar saya sampai itu saja,” kata Ali saat dihubungi, Rabu 6 Maret 2024.

- Advertisement -

Ali mengatakan, sejauh ini belum ada pembicaraan resmi mengenai program ini. Pun belum ada agenda untuk mendiskusikan program ini.

Sebelumnya sejumlah organisasi guru mengkritik program makan siang gratis yang direncanakan menggunakan dana BOS. Kepala Bidang Advokasi Guru, Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) misalnya menolak kebijakan itu. Alasannya, dana BOS diperuntukan untuk membayar gaji guru dan tenaga pendidik honorer.

- Advertisement -
“Sama saja memberi makan gratis siswa dengan cara mengambil jatah makan para gurunya. Sebab ada guru honorer yang hanya mengandalkan dana BOS,” kata Imam dalam keterangan resmi, Sabtu 2 Maret 2024.

Menurut Imam, skema pembiayaan makan siang gratis harusnya tidak diambil dari anggaran pendidikan termasuk BOS dari APBN. Sebab, anggaran APBN sekarang saja, belum mampu mensejahterakan guru. “Anggaran juga belum memperbaiki fasilitas sekolah dan memajukan kualitas pendidikan kita. Belum lagi, jumlah dana BOS dari pemerintah pusat tiap tahun tidak mengalami kenaikan. Dana BOS justru menurun.”

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengusulkan pembiayaan program makan siang gratis yang diusung Prabowo-Gibran itu didanai dengan skema BOS. Hal ini ia sampaikan sebelum melakukan simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang.

“Kami mengusulkan pola pendanaannya melalui Bantuan Operasional Sekolah spesifik atau BOS Spesifik atau BOS Afirmasi untuk khusus menyediakan makan siang untuk siswa,” ujar Airlangga sebelum simulasi di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang.

(Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini