spot_img
Rabu, Mei 1, 2024
spot_img

Kejagung Sita Mobil Porsche Tersangka Kasus BTS 4G Edward Hutahaean

KNews.id – Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menyita satu unit mobil mewah Porsche 911 Carera milik tersangka Edward Hutahaean dalam kasus korupsi pembangunan menara BTS 4G dan infrastruktur pendukung BAKTI Kominfo.

Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana mengatakan penyitaan dilakukan penyidik Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus  dari tangan istri Edward Hutahaean berinisial SMR.

- Advertisement -

“Adapun mobil tersebut dibeli oleh tersangka EH pada bulan Agustus 2023 di sebuah showroom mobil ‘Porsche’ Jakarta Selatan dengan harga senilai kurang lebih Rp3 miliar yang diatasnamakan PT LTD,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (1/12).

Ketut menjelaskan penyidik menduga mobil Porsche berwarna merah tersebut dibeli Edward dengan menggunakan uang korupsi BTS 4G dari tersangka lain, Galumbang Menak. Ia menyebut Edward menerima uang tunai dalam pecahan Dollar Amerika Serikat dari Galumbang yang kemudian ditukarkan di Money Changer untuk membeli mobil Porsche.

- Advertisement -

Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menyita satu unit mobil mewah Porsche 911 Carera milik tersangka Edward Hutahaean. (Dok. Kejagung)
Dalam kasus ini, Kejagung telah menetapkan enam belas orang sebagai tersangka. Enam diantaranya telah menerima vonis dari PN Tipikor Jakarta Pusat.

Sementara satu tersangka terbaru merupakan Achsanul Qosasi selaku anggota dari BPK. Kejagung menduga Achsanul telah menerima uang kasus korupsi tersebut sebesar Rp40 miliar. Adapun proyek pembangunan menara BTS 4G Bakti Kominfo dilakukan untuk memberikan pelayanan digital di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

- Advertisement -

Dalam perencanaannya, Kominfo merencanakan membangun 4.200 menara BTS di pelbagai wilayah Indonesia. Akan tetapi para tersangka terbukti melakukan perbuatan melawan hukum dengan merekayasa dan mengondisikan proses lelang proyek.  (Zs/CNN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini