spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Kehilangan Ridwan Saidi, Pendobrak Buzzer-buzzer Baperan

KNews.id- Berita duka datang dari senior dan sahabat kita, Bang Ridwan Saidi, yang wafat kemarin, Ahad (25/12) dalam usia 80 tahun. Menyebut nama Ridwan Saidi mengingatkan orang pada acara Indonesia Lawyer Club (ILC), sekaligus juga mengingatkan kita pada Bung Rocky Gerung yang 11 : 12 dengannya. Hubungan keduanya sangat dekat, sama-sama aktivis, dan sama-sama punya suara “keras”.

“Orangnya mampu mengubah suasana dari akademis tiba-tiba jadi ledekan politik, dia balik lagi pada konsep-konsep history, karena dia ensiklopedik, paham tentang banyak hal, dan pembaca buku yang bagus, paham bahasa Belanda, dan kalau ada pertemuan politik selalu orang tunggu Ridwan Saidi mengucapkan sesuatu yang ada basis data dan sejarah,” kenang Rocky Gerung tentang Ridwan Saidi yang ditanyangkan dalam  Kanal Youtube Rocky Gerung Official edisi Senin (26/12/22) bersama Hersubeno Arief, wartawan senior FNN.

- Advertisement -

Dalam pandangan Rocky, meskipun usinya sudah melampaui rata-rata hidup orang Indonesia,  Ridwan Saidi tetap memikirkan bangsa. Dia tetap berupaya untuk menerangkan pada publik bahwa ada yang lalai dipelihara oleh istana, yaitu berpikir konseptual, berpikir teoritis, bahkan berpikir akademis. Ridwan Saidi adalah tokoh gerakan mahasiswa, memimpin organisasi mahasiswa terbesar HMI, pernah menjadi anggota partai politik, lalu memutuskan untuk menjadi budayawan  dan studi mandiri atau otodidak dalam banyak hal.

Ridwan Saidi selalu mengingatkan pentingnya orang-orang untuk terus berpikir. Ridwan Saidi sering berkumpul dalam satu acara perdebatan politik bersama kumpulan orang yang pernah mengalami orde baru dan berada di dalam awal reformasi, lalu mulai mempertanyakan keadaan hari ini, seperti Rocky Gerung, Fahri Hamzah, dan yang lain.  “Pak Ridwan Saidi selalu punya poin untuk semua hal, dia seperti buku yang terbuka, dan tiba-tiba dia bisa komentar sesuatu yang orang anggap kok bisa dia temukan hubungan antara peristiwa dengan keadaan yang sekarang,” ujar Rocky.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini