spot_img
Kamis, April 18, 2024
spot_img

KB Bukopin Siap Menerapkan New Generation Bank System seperti KB Kookmin Bank Korea

KNews.id– Di era digital ini, tanpa terkecuali sektor perbankan harus serius menjalani transformasi. Begitu halnya Bank KB Bukopin, yang saat ini mayoritas sahamnya dipegang KB Kookmin Bank alias KB.

KB Kookmin Bank yang berada di bawah induk KB Financial Group Inc (KBFG) ini terkenal bank retail dengan sistem robotik dan operasi digitalnya yang kuat. Maka, tanpa harus menjadi bank digital, bank terbesar di Korea Selatan tersebut juga menginginkan Bank KB Bukopin segera bertransformasi membangun teknologi informasinya.

- Advertisement -

“Setelah setahun-2 tahun kami membersihkan aset-aset buruk, langkah berikutnya ini kami punya komitmen kuat untuk membangun sistem IT bank yang kami sebut next generation banking system (NGBS),” kata Cho Nam Hoon, Kepala Global Bisiness Group KB Kookmin Bank, Senin (16/1).

Masalahnya, setelah tuntas mengambil alih Bank Bukopin dari Bosowa, Juli 2020, KB Kookmin Bank baru mengetahui bahwa selain kredit bermasalah (NPL)-nya besar, sistem IT-nya pun terbilang tidak andal dan perangkatnya sudah ketinggalan zaman.

- Advertisement -

“Harusnya infrastruktur Bukopin, baik hardware maupun software, tidak dipakai lagi,” ungkap Miyeon Park, GM Global Platform Department KB Kookmin Bank, yang mengepalai pembenahan infrastruktur IT dan digital Bank KB Bukopin.

Padahal, KBFG melihat potensi Bukopin sangat besar untuk menjadi bertumbuh. Bahkan KBFG yakin Asia Tenggara, khususnya Indonesia, bakal menjadi second mother market dan pusat pertumbuhan mereka di masa depan. Investasi KBFG di Indonesia pun sudah lebih dari Rp 20 triliun.

- Advertisement -

Maka, selama 6 bulan sejak Agustus 2021 tim KB Kookmin mulai menangani langsung pembenahan IT Bukopin. Mereka memelototi mulai dari infrastruktur, hardware maupun software yang sudah kedaluwarsa, proses bisnis bank, hingga sistem HR.

Setelah meneken master kontrak pada akhir 2021, pengembangan program NGBS dimulai. Yang terpilih sebagai kontraktor pengembangan infrastruktur IT KB Bukopin adalah DXC, kontraktor IT yang juga membawa HP ke Indonesia. “Kick off-nya 9 Januari 2022,” ungkap Park.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini