spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Kajian Politik Merah Putih: Jokowi Mendukung Capres yang Melanjutkan Proyek dengan RRC dan Amankan Keluarganya dari Kasus Hukum!

KNews.id- Joko Widodo (Jokowi) mendukung calon presiden (capres) yang melanjutkan proyek dengan China dan mengamankan keluarganya dari kasus hukum.

“Melanjutkan proyek yang telah berjalan khususnya proyek kerjasama dengan China, dengan segala dampak ikutannya,” kata Koordinator Kajian Politik Merah Putih Sutoyo Abadi kepada suaranasional.com, Jumat (28/4).

- Advertisement -

Kata Sutoyo, Jokowi akan mendukung capres yang bisa mengamankan keluarga dari kasus hukum.

“Tidak ada kasus hukum yang akan menimpanya paska lengser dari kekuasaan dan bisa mendarat secara aman dan nyaman,” paparnya.

- Advertisement -

Opsi Jokowi untuk mengamankan dirinya ternyata tidak cukup hanya bersandar pada capres Ganjar Pranowo yang telah deklarasikan Ibu Megawati yang memiliki bawaan kapasitas, kapabilitas, integritas dan magnit politik relatif rendah.

“Keamanan  politik Jokowi paska lengser dari jabatannya tidak boleh hanya berharap dari Ganjar Pranowo capres 2024, yang reputasi dan kekuatan politiknya sangat rentan akan kalah dalam Pilpres 2024,” paparnya.

- Advertisement -

Menurut Sutoyo, prospek kemenangan Ganjar Pranowo diprediksi hanya akan mengandalkan skenario dan rekayasa bandar politik dan olah manipulasi suara hasil pilpres.

Jokowi harus menyiapkan tempat berlindung lainnya. Masih segar rekam jejak digitalnya bahwa Koalisi Aktivis dan Milenial Indonesia untuk Ganjar Pranowo (Kami-Ganjar) menyatakan hendak menjadikan Presiden Jokowi sebagai Ketua Umum PDIP  menggantikan Megawati Soekarnoputri pada tahun 2024. Terekam saat relawan Kami-Ganjar mengadakan konsolidasi pada Ahad 30 Oktober 2022 di Bogor, Jabar.

Kata Sutoyo, deklarasi Ganjar Pranowo berjalan lancar, tetapi tidak bisa dinafikan menyisakan friksi di internal PDIP, adalah peluang dan perkembangannya harus terus dibuntuti sebagai target dan sasaran politiknya.

Peta terbaca selagi masih dalam kendali Ibu Megawati friksi tersebut tetap bisa dikendalikan. Lain cerita kalau PDIP sudah ditinggalkan Ibu Megawati, friksi bisa menjadi besar dan liar.

“Berlindung dengan kekuatan partai akan menjadi opsi prioritas harus diraihnya. Dengan cara apapun Jokowi harus bisa mengambil posisi sebagai Ketum PDIP,” jelasnya.

Masa depan Puan dalan ancaman waktu. Sebagai Ketum partai bisa aman sepanjang Ibu Megawati masih ada dan kejadian sebaliknya apabila Ibu Megawati sudah melepaskannya.

Megawati Soekarnoputri tetap merupakan magnit figur sentral yang menjadi penentu dalam proses alih generasi pimpinan partai selanjutnya .

Sutoyo mengatakan, tidak boleh diremehkan kekuatan politik di luar trah Sukarno bisa  mengobrak-abrik faksi-faksi yang ada di dalam tubuh partai banteng ini.

“Kelompok  ini di Internal PDIP cukup kuat apalagi mendapatkan  dukungan kuat dari pemilik modal (oligarki) yang menjadi sponsor Jokowi,” tegasnya.

Dalam dunia politik praktis, manuver dan gerilya yang dilakukan oleh kelompok-kelompok yang berseteru bisa terjadi seperti Jokowi menggerakkan Moeldoko  kudeta partai Demokrat untuk menyingkirkan capres Anies Baswedan saat ini.

Berdasarkan pengalaman sekuat apapun Megawati akhirnya bisa di taklukan.  Awal  mencalonkan Jokowi sebagai Capres dari PDI-P, Megawati tidak setuju setelah didesak dari semua arah akhirnya kandas dan luluh.

Persis kejadiannya bahwa prestasi dan kualitas Ganjar Pranowo yang minimalis, sesungguhnya tidak disukai Megawati.  Dengan desakan dan bisikan dari berbagai arah akhirnya melemah dan luluh  mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

Pertarungan memperebutkan Ketua umum bukan hanya atas pertimbangan politik tetapi fisik Ibu Megawati yang sudah masuk usia senja harus istirahat dan melepaskan sebagai Ketua Umum PDIP.

“Disadari atau tidak jabatan ketum PDIP sudah masuk dalam radar Capres di sasar dan Ketum diincar. Proses bisa melalui kudeta model Moeldoko mengkudeta Partai Demokrat atau berjalan dalam perebutan secara normal dan diambil alih oleh Jokowi,” pungkasnya. (AHM/SN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini