spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Jurnalis Senior, Daniel Dhakidae Tutup Usia, RR: Dia Cendekiawan yang tak Kenal Lelah

KNews.id- Kabar duka menyelimuti dunia pers Indonesia. Jurnalis senior yang juga cendekiawan, Daniel Dhakidae tutup usia pada hari ini, Selasa (6/4). Jurnalis yang pernah meniti karir di Kompas dan Prisma itu meninggal dunia pada pukul 07.23 di usia 76 tahun. Kabar ini diunggah dalam akun Twitter milik wartawan senior, yang juga pelopor jurnalisme sastrawi, Andreas Harsono sesaat lalu.

“RIP Daniel Dhakidae (lahir Ngada, Flores 1945) cendekiawan publik, lulusan Cornell University, lama bekerja di Kompas dan Prisma, meninggal serangan jantung usia 76 tahun di Jakarta hari ini,” tuturnya.

- Advertisement -

Andreas menjelaskan bahwa semasa hidup, Daniel Dhakidae bersama sejumlah rekan-rekannya menghidupkan kembali jurnal pemikiran sosial ekonomi Prisma di tahun 2009.

“Dan duduk sebagai pemimpin redaksi (sejak 2009). Prisma berdiri 1971 dan tutup 1998,” ujarnya.

- Advertisement -

Kabar duka juga disiarkan tokoh nasional DR. Rizal Ramli lewat akun Twitter.

“Sahabat DR. Daniel Dhakidae meninggal dunia akibat serangan jantung, pkl 07.23 tadi,” tuturnya.

- Advertisement -

Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur itu mengatakan bahwa Daniel Dhakidae merupakan sahabat lamanya. Bagi Rizal Ramli, Danie merupakan sosok cendekiawan yang tidak pernah kenal lelah.

“Daniel sahabat lama,, teman sama2 ketika RR Redaksi Prisma, Daniel & RR menulis pemgantar buku Frans Seda, “Simponi Tanpa Henti”. Daniel seorang intelektual tanpa lelah. May He Rest in peace,” demikian Rizal Ramli.

Daniel Dhakidae lahir di Ngada, Nusa Tenggara Timur pada tahun 1945. Dia meraih gelar PhD tahun 1991 di bidang pemerintahan dari Department of Government, Cornell University, Ithaca, New York, Amerika Serikat, dengan disertasi bertajuk “The State, the Rise of Capital, and the Fall of Political Journalism, Political Economy of Indonesian News Industry”.

Disertasi ini mendapat penghargaan the Lauriston Sharp Prize dari Southeast Asian Program Cornell University, karena telah “memberikan sumbangan luar biasa bagi perkembangan ilmu”.

Daniel Dhakidae merupakan lulusan sarjana ilmu administrasi negara dari Fakultas Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada (1975) dan Master of Arts bidang Ilmu Politik dari Cornell University (1987).

Daniel juga pernah menjadi Kepala Penelitian Pengembangan (Litbang) Kompas sejak 1994 sampai 2006 dan pernah berkiprah sebagai redaktur majalah Prisma (1976), Ketua Dewan Redaksi Prisma (1979 hingga 1984); dan Wakil Direktur Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan, Ekonomi dan Sosial (LP3ES, 1982 hingga 1984).

Daniel juga tercatat sebagai salah seorang pendiri Yayasan Tifa dan pernah duduk di dewan pengarah yayasan ini kemudian “menghidupkan” kembali jurnal pemikiran sosial ekonomi Prisma dan duduk sebagai Pemimpin Redaksi (sejak 2009) merangkap Pemimpin Umum (sejak 2011).

Banyak buku pernah ditulisnya antara lain Cendekiawan dan Kekuasaan dalam Negara Orde Baru (2003) dan bersama Vedi Renandi Hadiz menyunting buku bertajuk Social Science and Power in Indonesia (2005). (AHM/bcra)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini