spot_img
Minggu, Februari 25, 2024
spot_img

Jokowi Pastikan RI Impor Beras 3 Ton dari India dan Thailand: Rasa Aman Kita Dapat

KNews.id –  Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan Indonesia bakal mengimpor tiga juta ton beras dari India dan Thailand. Impor diperlukan untuk memastikan cadangan beras nasional Indonesia tahun depan aman.

Jokowi menyampaikan ini dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia 2024 yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Adapun rincian beras yang akan didatangkan adalah: India akan mengirim satu juta ton, sementara Thailand mengirim dua juta ton.

- Advertisement -

Kepala negara mengatakan, impor harus dilakukan untuk mengamankan cadangan strategis ketahanan pangan.“Rasa aman kita dapat urusan pangan,” kata Jokowi dalam acara di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Jumat, 22 Desember 2023.

Saat ini Bulog memiliki stok beras sebanyak 1,26 juta ton yang telah disimpan di gudang atau sedang dalam perjalanan menuju gudang per tanggal 20 Desember 2023. Selain itu, terdapat sekitar 494 ribu ton beras yang masih dalam perjalanan.

- Advertisement -

Sebelumnya Jokowi menugaskan Perum Bulog untuk melakukan impor beras sebanyak 2 juta ton pada 2024 untuk memenuhi cadangan beras pemerintah (CBP). Dalam pidatonya di acara yang digelar di kawasan Kuningan pada Jumat, Jokowi mewaspadai kenaikan harga, utamanya pangan. Meskipun ia cukup optimistis dengan prosespek ekonomi RI di 2024.

Menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024, Panel Harga Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat harga beras yang kembali mengalami kenaikan. Per pekan lalu, Sabtu, 16 Desember 2023, rata-rata harga komoditas pangan utama itu masih melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah sejak Maret 2023.

Harga beras premium rata-rata nasional di pedagang eceran per hari ini, misalnya, terpantau naik 1,33 persen menjadi Rp 15.200 per kilogram (kg) bila dibandingkan dengan kondisi pekan lalu, Sabtu, 9 Desember 2023. Sementara harga beras medium naik 0,15 persen menjadi Rp 13.220 per kg.

Pada pekan lalu, harga rata-rata nasional di tingkat pedagang eceran untuk beras premium tercatat Rp 14.980 per kg. Sedangkan harga beras medium tercatat Rp 13.200 per kg.  (Zs/Tmp)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini