spot_img
Selasa, April 23, 2024
spot_img

Ini Kunci Utama untuk Mencegah Diabetes Melitus Menurut Kemenkes

 

KNews.id –  Diabetes melitus atau yang kerap dikenal dengan kencing manis, kini menjadi momok bagi dunia kesehatan di Indonesia.  Pasalnya, penyakit ini menjadi penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia setelah stroke dan jantung.

- Advertisement -

Apa itu diabetes melitus alias kencing manis?

Melansir laman Kemkes.go.id, diabetes melitus atau kencing manis merupakan penyakit tidak menular.

- Advertisement -

Sedangkan diabetes adalah penyakit yang terjadi akibat insulin tidak dihasilkan atau tidak bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan gula menumpuk di darah kita.

Menurut Kemenkes, melihat kondisi tersebut, maka menerapkan pola hidup sehat merupakan kunci yang dapat meminimalisir seseorang terkena diabetes, baik di usia muda maupun usia lanjut.

- Advertisement -

Penyakit ini tidak bisa disembuhkan tetapi dapat dikendalikan agar tidak terjadi komplikasi.

Berikut 6 langkah mudah untuk mencegah diabetes melitus:

1. Mengelola stres

Stres merupakan salah satu penyebab diabetes yang mungkin jarang diketahui oleh masyarakat. Pasalnya ketika tubuh mengalami stres, produksi seretonin akan terganggu, sehingga menyebabkan kemampuan tubuh dalam menciptakan insulin akan berkurang.

2. Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Salah satu upaya untuk mencegah terkena diabetes melitus dengan  konsumsi makanan yang sehat untuk mendapatkan nutrisi. Konsumsi 3-5 porsi buah dan sayur, serta mengurangi asupan gula, garam dan lemak jenuh

3. Rutin Periksa Gula Darah

Memeriksa gula darah atau HbA1c secara rutin merupakan salah satu cara untuk mendeteksi sedini mungkin kandungan gula darah dalam tubuh, sehingga apabila seseorang terpapar diabetes, akan lebih cepat mendapatkan penanganan.

4. Mempertahankan Berat Badan Ideal 

Mengatur pola makan  dengan gizi seimbang untuk mempertahankan berat badan ideal. Kurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak makanan yang kaya akan serat.

 5. Berhenti Merokok

Merokok merupakan salah satu kegiatan yang bukan saja tidak sehat bagi paru-paru, namun juga dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes melitus. untuk itu, hindari penggunaan tembakau (rokok dan tembakau kunyah) serta berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol.

6. Melakukan Aktifitas Fisik

Aktivitas fisik ringan seperti berjalan, menaiki tangga, hingga melakukan aerobik juga terbukti mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi sehat, berat badan indeal, dan sekaligus meminimalisir seseorang menderita penyakit diabetes melitus

(Zs/Ktn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini