spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Ini Dia Investor Kakap di Balik Proyek Raksasa dekat IKN!

Hal ini terungkap saat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan perkembangan pembangunan proyek di KIPI, salah satunya yakni proyek smelter aluminium terbesar di Indonesia milik PT Kalimantan Aluminium Industry (KAI) yang berlokasi di dalam KIPI, Tanah Kuning, Kalimantan Utara, Selasa (28/02). PT Kalimantan Aluminium Industry merupakan anak perusahaan grup PT Adaro Minerals Indonesia Tbk.

Usai meninjau pembangunan proyek di kawasan industri KIPI tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa kawasan industri ini nantinya dipersiapkan untuk pembangunan industri baterai kendaraan listrik.

- Advertisement -

“Ya, ini kawasan Industrial Park Indonesia yang semuanya seluas 13 ribu hektare, yang nantinya ini dipersiapkan untuk pembangunan industri EV battery, yang pertama. Yang kedua, untuk pembangunan petrokimia, petrochemical. Kemudian yang ketiga, untuk pembangunan industri aluminium. Yang semuanya kita harapkan nanti didukung oleh energi hijau, oleh renewable energy, oleh hydropower dari Sungai Mentarang, Sungai Kayan di Kalimantan Utara,” ungkap Jokowi, seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Selasa (28/02/2023).

“Dan memang perlu transisi, ada transisinya, tidak langsung ke energi hijau, tapi ada transisinya. Tetapi, kita harapkan dengan kekuatan kompetitif seperti itu, energinya hijau, kemudian barang-barang produk yang dihasilkan juga produk-produk hijau. Inilah yang akan menjadi kekuatan Kawasan Industrial Park Indonesia di Kalimantan Utara.”

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini