spot_img
Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img

Indonesia dan Australia akan Perang?

Bukti lainnya bahwa Pulau Pasir milik Indonesia adalah jaraknya yang lebih dekat dengan Indonesia, yakni sekitar 140 km di sebelah selatan Pulau Rote Nusa Tenggara Timur. Sementara, jika dibandingkan dengan Australia, jaraknya cukup jauh, yakni sekitar 320 km dari pantai barat utara Australia.

Berdasarkan konveksi hukum laut di PBB 1982 atau Unclos 1982, bahwa Indonesia berhak memiliki gugusan pasir tersebut. Sebab, dijelaskan dalam konveksi tersebut bahwa bila jarak dua negara kurang dari 400 mil, maka yang digunakan adalah garis tengah. Sementara, dalam kenyataannya adalah bahwa Indonesia memiliki jarak lebih dekat dengan Pulau Pasir. Lantas, mengapa Australia sampai berani mengklaim Pulau Pasir sebagai pulau milik mereka?

- Advertisement -

Seorang pengamat dari Universitas Nusa Cendana Kupang mengatakan, bahwa dalam MOU 1974, pemerintah Indonesia pernah menyerahkan tugas kepada Australia untuk membantu mengawasi Pulau Pasir demi kepentingan konservasi, yakni melindungi dan melestarikan alam di pulau tersebut. Parahnya, ada ribuan nelayan Indonesia yang ditangkap oleh tentara Australia lantaran tengah mencari ikan atau biota laut lainnya di sekitar Pulau Pasir. (AHM/hop)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini