spot_img
Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img

Indonesia dan Australia akan Perang?

Dikutip dari video TikTok dengan akun @BINO123_ pada Kamis, 20 Oktober 2022 mengatakan bahwa tidak hanya tertulis dalam register Gubernur Jenderal Hindia Belanda, namun juga tertuang dalam sebuah buku karya seorang penulis dari Australia bernama Ruth Balint.

Buku yang berjudul “Troubled Water Borders Boundaries and Possessions in the Timor Sea 2005” tersebut mengatakan bahwa Pulau Ashmore (Pulau Pasir) adalah milik Indonesia.

- Advertisement -

Penulis tersebut juga menambahkan bahwa di sekitar Pulau Pasir telah menjadi tempat nelayan Indonesia mencari ikan, Tripang, dan biota laut lainnya sejak ratusan tahun yang lalu. Bahkan, banyak dari mereka berkebun di atas pulau tersebut.

Adanya klaim sepihak dari Australia mengenai kepemilikan Pulau Pasir adalah karena pulau tersebut memiliki potensi gas bumi dan minyak dalam jumlah sangat besar, yakni sekitar lima juta barel. Sehingga, bisa disimpulkan bahwa mereka ingin mengusai seluruh kekayaan alam yang ada di gugusan pasir tersebut. Bahkan, presiden Rusia, yakni Putin menyayangkan aksi Australia tersebut yang telah mengklaim Pulau Pasir dan mengubah namanya secara sepihak.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini