spot_img
Senin, Mei 20, 2024
spot_img

Heru Budi Buka Suara soal Insiden Leher Sultan Terjerat Kabel Sampai Cedera

KNews.id – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono angkat bicara mengenai kejadian yang menimpa Sultan Rif’at Alfatih yang lehernya terjerat kabel fiber optik di Jaksel. Berkaca dari peristiwa ini, Heru meminta ke depannya, tak ada lagi kabel optik semrawutan di jalanan Ibu Kota.
“Saya minta fiber optik, galian kabel, harus rapih, saya minta dinas terkait seperti apa,” kata Heru Budi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (28/7/2023).

Heru menuturkan, perapihan kabel fiber optik sudah menjadi targetnya sejak mengemban tugas sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2022 silam. Apabila sebelum periode itu masih ada kabel yang berantakan, kata dia, maka menjadi tanggung jawab pengawas terdahulu.

- Advertisement -

“Saya bilang Oktober 2022, hari ini sejak saya menjabat sampai ke depan saya nggak mau ada kabel optik yang berantakan. Maka saya minta rapihkan. Ketika saat itu belum rapih ya tanggung jawab pengawas sebelumnya,” jelasnya.
Heru juga meminta agar warga melapor apabila menemui kabel semrawutan. Dengan begitu, aduan tersebut dapat ditindaklanjuti dengan cepat. “Saya lihat udah diperbaiki. Kalau yang belum kasih tau aja biar dinas PTSP panggil Bina Marga hubungi yang bersangkutan. Saya tiap hari keliling, kalau ada yang nggak bener saya tindaklanjut,” tegasnya.

Insiden Sultan Rif’at Cedera
Diketahui, Peristiwa itu membuat Sultan menjadi sakit. Biaya berobat ke rumah sakit juga memakan ongkos. Agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi, Dinas Bina Marga merapikan kabel-kabel udara yang menggelantung dari tiang ke tiang jalanan.
“Kami telah melakukan perapian kabel-kabel udara yang menjuntai dan telah memerintahkan kepada pemilik utilitas untuk terus melakukan perapian kabel optik di udara agar tertata dengan baik dan tidak membahayakan masyarakat,” tutur Wiwik Wahyuni.

- Advertisement -

Sudah tujuh bulan Sultan hidup tidak normal gara-gara kecelakaan akibat kabel utilitas melintang di Jl Pangeran Antasari, Jakarta Selatan. Peristiwa kecelakaan itu terjadi pada 5 Januari 2023. Dia, yang berkendara bersama teman-teman SMA-nya pukul 22.00 WIB, mengalami kecelakaan.
Kabel fiber optik yang menjuntai itu tersangkut mobil, kabel itu tertarik mobil dan memantul ke leher Sultan. Sultan seketika tak sadarkan diri. Tulang tenggorokan sultan putus. Saluran makan juga putus.
(Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini