spot_img
Rabu, Mei 15, 2024
spot_img

Heboh Isu Tokoh Inisial A Jadi Cawapres Anies Baswedan, AHY?

KNews.id – Bakal calon wakil presiden pendamping bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswdan belum terang. Publik pun bertanya-tanya, siapa sosok yang bakal digandeng Anies menuju Pilpres 2024

Benarkah berinisial A seperti semakin santer atau ada nama lainnya?
Juru Bicara Anies Sudirman Said telah memastikan pemilihan cawapres pendamping eks gubernur DKI Jakarta itu sudah tuntas. Tinggal menunggu hari baik untuk pengumuman.

- Advertisement -

Sudirman menuturkan tiga parpol anggota koalisi, yakni NasDem, Partai Demokrat, dan PKS, telah menyerahkan nama-nama calon cawapres pendamping Anies.

Mengutip detik.com, suasana politik internal koalisi memanas terutama saat Partai Demokrat mendorong Anies segera mengumumkan cawapres pendampingnya, dibumbui dengan pernyataan terkait elektabilitas yang menurun. Namun demikian Sudirman menepis adanya paksaan dari salah satu parpol pengusung terkait nama cawapres pendamping Anies.

- Advertisement -

“Tidak ada satu pun pihak yang memaksakan. Semua mendapat kesempatan mengusulkan nama. Partai NasDem mengusulkan beberapa nama, PKS mengusulkan beberapa figur baik kader maupun nonkader. Begitupun Partai Demokrat menyodorkan sejumlah tokoh, baik internal maupun eksternal Partai,” ucapnya.

Terkait sosok cawapres pendamping Anies yang bakal diumumkan dalam waktu dekat? detikcom mencoba mewawancarai beberapa petinggi PKS, PD, dan NasDem terkait hal itu. Namun demikian hampir semuanya memilih menunggu pengumuman resmi dari sang capres.

- Advertisement -

Pernyataan paling maju disampaikan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera yang menyatakan 80% cawapres pendamping Anies di antara tiga nama, yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ahmad Heryawan (Aher), dan Khofifah Indar Parawansa.

Isu santer di antara tiga nama itu cawapres pendamping Anies kemungkinan berinisial A. Inisial A yang pertama, AHY yang merupakan Ketua Umum PD saat ini seperti memegang kunci tiket pencapresan Anies. Saat ini, AHY juga sedang mempersiapkan rencana pertemuan dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Sebelumnya Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga sudah menggelar pertemuan dengan Ketum Gerindra yang juga bacapres Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, Prabowo Subianto. Sementara A yang kedua, yakni Aher, juga terus didorong PKS jadi cawapres pendamping Anies.

Lantas apakah cawapres pendamping Anies bakal benar-benar tokoh berinisial A atau nama lainnya? Dan yang paling penting apakah cawapres pendamping Anies nantinya bisa mendongkrak elektabilitas seperti yang diharapkan? (Zs/CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini