spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Hariyadi Sukamdani Terpilih Menjadi Presiden ACE

KNews.id- Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B. Sukamdani terpilih sebagai Presiden Asean Confederation of Employers (ACE) periode 2021–2023. Penunjukkan ini diputuskan dalam board of Director (BOD) meeting yang digelar secara virtual pada Jumat (21/5). Dalam kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Apindo Danang Girindrawardana juga ditetapkan sebagai Sekretaris Jenderal ACE 2021–2023.

Dalam pertemuan itu, keanggotaan ACE juga telah lengkap dengan keikutsertaan 10 perwakilan dari organisasi pengusaha di Asean yaitu Apindo, Malaysian Employers Federation (MEF), Singapore National Employers Federation (SNEF), Employers Confederation of Thailand (ECOT), Employers Confederation of the Philippines (ECOP), Cambodian Federation of Business Agency (CAMFEBA), Lao National Chamber of Commerce and Industry (LNCCI), The Brunei Chamber of Commerce and Industry (BCCI), dan Vietnam Chamber of Commerce and Industry (VCCI).

- Advertisement -

ACE didirikan di Singapura pada 25 November 1978 sebagai bentuk solidaritas, kebersamaan, dan komitmen antara organisasi pengusaha di kawasan Asia Tenggara. Dalam menjalankan tugas dan funsinya, ACE bertujuan untuk mempromosikan kepentingan para pengusaha di kawasan Asean, memberikan advokasi pada terciptanya lingkungan kondusif untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi dan daya saing bagi keberlanjutan dunia usaha, upaya penciptaan lapangan kerja, standar hidup yang lebih baik, serta harmoni sosial. Selain itu, ACE juga berkoordinasi melalui mekanisme tripartite dalam pencapaian tujuan bersama.

“Pandemi global telah mengubah aspek kehidupan manusia dan di sisi ekonomi, perekonomian juga sangat terdampak yang menyebabkan menurunnya GDP. Dengan demikian, ACE memiliki kontribusi besar bagi upaya pertumbuhan ekonomi bagi negara-negara Asean,” kata Hariyadi dikutip dari keterangan resmi, Jumat (21/5).

- Advertisement -

Hariyadi menambahkan salah satu isu yang perlu menjadi perhatian ACE ada skema ketenagakerjaan mutual recognition agreement (MRA), di mana perjanjian ini dapat membuka kesempatan kerja bagi tenaga kerja negara Asean untuk bekerja di negara-negara dalam kawasan.

Kepemimpinan ACE ke depan juga diharapkan mampu meningkatkan kompetensi keterampilan, khususnya bagi para pekerja individual maupun bisnis secara umum. Untuk itu, Hariyadi mengatakan akan melanjutkan upaya partisipasi kerja sama dengan mitra strategis ACE. (Ade/bsns)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini