spot_img
Kamis, Mei 9, 2024
spot_img

Gibran Siap Hadapi Mahfud MD dan Cak Imin di Debat Ekonomi Cawapres

KNews.id – Debat cawapres akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pada Jumat, 22 Desember 2023 mendatang. Dalam debat tersebut, calon presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka akan berhadapan langsung dengan dua cawapres lainnya yaitu Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD.

Meski bakal adu debat dengan tokoh-tokoh yang terbilang senior, Gibran mengaku tidak takut menghadapi keduanya. “Ndak, nggak ada (yang ditakuti),” ucap Gibran di Balai Kota Solo.

- Advertisement -

Saat dimintai tanggapan oleh awak media tentang anggapan sejumlah pihak yang meremehkan kemampuannya, Gibran mengaku tak ambil pusing. Ia mengatakan tidak mempermasalahkan anggapan tersebut. “Ya nggak apa-apa,” katanya singkat.

Gibran menyatakan sudah siap untuk menghadapi debat cawapres pekan depan. Ia bahkan sudah menyiapkan segala hal untuk adu debat dengan Cak Imin dan Mahfud MD. Meski begitu, dia tidak menjelaskan lebih lanjut apa saja yang telah dipersiapkannya.

- Advertisement -

“Ya nanti kami siapkan ya. Terima kasih,” Jawab Gibran.

Diketahui, debat cawapres ini merupakan debat perdana Gibran karena sebelumnya ia selalu absen dalam debat yang diselenggarakan organisasi atau stasiun TV.  Pada debat cawapres minggu depan, Gibran dan dua cawapres lainnya bakal membahas isu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN/APBD), Infrastruktur, dan Perkotaan.

- Advertisement -

Secara terpisah, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani mengatakan bahwa Gibran akan memberikan kejutan dalam debat cawapres.

“Saya memperkirakan nanti pada tanggal 22 Desember debat cawapres akan penuh kejutan,” kata Muzani saat ditemui usai acara peluncuran platform pemilihmuda.id di Fanta HQ, Jakarta, Kamis, 14 Desember 2023

Muzani mengatakan, kejutan ini bakal ditunjukan karena selama ini masyarakat mengira seolah-olah kemampuan berdebat Gibran di bawah rata-rata. Apalagi putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu terkenal sebagai orang yang irit bicara.

“Sejak awal masyarakat umum terstigma kemampuan berdebatnya, kemampuan menjelaskannya, kemampuan menjelaskan atas solusi masalahnya karena ada stigma seolah-olah kemampuan itu Mas Gibran di bawah standar,” katanya.

Lebih lanjut Muzani menjelaskan kemampuan Gibran dalam berdebat sebenarnya sudah pernah diperlihatkan ketika Gibran menjalani debat saat menjadi calon Wali Kota Surakarta. Ia menilai Gibran mampu menyampaikan gagasan dan memberikan solusi dari setiap permasalahan dalam masyarakat.

“Saya sudah lihat saat jadi Wali Kota Surakarta, Mas Gibran menjelaskan banyak hal di beberapa tempat. Mas Gibran cukup menguasai banyak masalah,” katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini