spot_img
Jumat, Februari 23, 2024
spot_img

Ganjar: Saya Tidak Menyerang Personal, Saya Menyerang Programnya

KNews.id – Calon presiden RI (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo merespons pernyataan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut kalau debat capres pada Minggu (7/1/2024) lalu cenderung hanya menyerang personal.

Kata Jokowi, dalam debat tersebut substansi visi misi dari para capres justru tidak terlihat. Menyikapi hal itu, Ganjar tidak sepakat dengan hal itu. Ganjar menegaskan yang dia serang dalam debat adalah program para capres lainnya. Pernyataan itu disampaikan Ganjar saat ditemui usai acara Demokr(e)asi, di Kawasan Senayan, Senin (8/1/2024) malam.

- Advertisement -

“Saya gak menyerang personal. Saya menyerang program,” singkat Ganjar. Setelah itu, Mantan Gubernur Jawa Tengah ini tak lagi memberikan respons soal pernyataan dari Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengomentari acara debat ketiga Pilpres yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta Minggu malam 7 Oktober 2023.

- Advertisement -

Menurut Presiden substansi serta visi dari para capres tidak terlihat dalam debat. Jokowi menilai para capres lebih banyak menyerang satu sama lain saat debat.

“Memang saya melihat substansi dari visinya malah tidak keliatan, yang keliatan justru saling menyerang,” kata Jokowi di Kampung Kecil, Kawasan Serang, Banten, Senin, (8/1/2023).

Jokowi mengatakan saling menyerang saat debat tidaklah masalah. Asalkan, kata Presiden, sesuai dengan kebijakan serta visi dan misi yang diusung.

“Tapi kalau sudah menyerang personal, pribadi yang tidak ada hubungan dengan konteks debat tadi malam mengenai hubungan internasional, mengenai geopolitik, mengenai pertahanan dan lain lain saya kira kurang memberikan pendidikan, kurang mengedukasi masyarakat yang menonton,” katanya.

Jokowi yakin banyak masyarakat yang kecewa dengan debat tersebut. Ia meminta format debat diubah sehingga bisa menonjolkan visi misi para capres.

“Sehingga debatnya memang perlu diformat lebih baik lagi, ada rambu-rambu, sehingga hidup, saling menyerang engga apa tapi kebijakan, policy, visinya yang diserang bukan untuk saling menjatuhkan dengan motif-motif personal. Saya kira engga baik dan engga mengedukasi,” pungkasnya.

(Zs/Trbn)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Terkini