spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Dukung Indonesia Menjadi Pusat Ekonomi Syariah, BSI Gencar Sasar Target Milenial

KNews.id- Bank Syariah Indonesia (BSI) optimistis bahwa pada 2024 akan menjadi pionir pusat ekonomi syariah dunia dengan mengembangkan produk-produk digital guna menyasar millenal. Melanjutkan pernyataan tersebut, Wakil Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI),  Abdullah Firman Wibowo mengatakan setidaknya ada empat hal yang perlu dikembangkan untuk menunjang strategi tersebut.

“Hingga 2024 kita kan ingin menjadi pusat ekonomi syariah dunia dengan cara, Pertama adalah halal value chain, Kedua penguatan industri keuangan syariah, Ketiga penguatan UMKM, Keempat penguatan ekonomi berbasis digital,” ujar Abdullah Firman Wibowo pada acara Indonesia Industry Outlook 2021, yang dilakukan secara daring, Rabu (28/7).

- Advertisement -

Menurutnya pengembangan produk tersebut diperlukan karena seiring perkembangan dunia digital yang berdampingan dengan kehidupan millenial. Tentunya pengembangan tersebut akan menjadikan kegiatan transaksi menjadi lebih praktis.

“Memang millenial ini produknya selalu berbasis digital, ada produk kami yang berbasis aplikasi, ada Namanya wakaf berbasis online, burekol (buka rekening berbasis online), ada juga yang haji dan umroh, tapi semuanya itu sebenarnya bagian dari halal ecosystem industry,” lanjutnya

- Advertisement -

Kedepannya, Wakil Dirut BSI itu menyebut, ada dua hal yang yang perlu dihadapi dunia perbankan khususnya syariah, pertama pertama perkembangan digital yang sangat pesat, kedua bagaimana menjangkau segmen millenial.

“Ke depan ini tantangan utama kita tidak sekedar membangun produk bervariasi, tetapi ada misi kita untuk meningkatkan literasi, kedua hal tersebut saling berhubungan,” sambungnya.

- Advertisement -

Wakil Dirut BSI itu mencontohkan jika saat ini tingkat literasi itu delapan persen, tentu yang menggunakan produk-produk syariah akan lebih lima kali lipat atau lebih dari delapan persen itu, maka inkllusinya bisa 11 persen.

“Aemakin tinggi literasi, orang semakin paham, orang semakin yakin dengan produk syariah itu memberikan solusi tentunya mereka akan semakin ter include dengan menggunakan produk-produk itu.” Tuturnya

Adanya pandemic Covid ini mendorong terjadinya transformasi di dalam transaksi perbankan. Menurut survey yang dilakuan oleh Alvara Strategi bersama Inventure, perbankan syariah berpotensi tumbuh 9,22 persen.

Studi tersebut juga menunjukan sejumlah 58,5 persen responden menjawab adanya pandemi membuat mereka lebih memilih lembaga keuangan dengan prinsip syariah. (Ade/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini