spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Dugaan Korups Kementan, Syahrul Yasin Limpo Dijadwalkan Hadir Besok

KNews.id – Kabar Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo akan ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), santer tersiar. Informasi tersebut salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @pedeoproject, Rabu (14/6/2023).

Unggahan menyebutkan, Syahrul Yasin Limpo bersama dua orang lain telah melakukan perbuatan tindak pidana korupsi. Pimpinan Kementan itu disebut terseret kasus dugaan penyalahgunaan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) yang notabene termasuk keuangan negara.

- Advertisement -

Selain itu, menteri dari Partai Nasdem ini juga diduga terlibat dalam kasus gratifikasi, suap-menyuap, pembantuan, bersama-sama perbuatan berlanjut, serta penggabungan beberapa perkara. Lalu, benarkah kabar tersebut?

KPK akan panggil Mentan Syahrul Yasin Limpo Saat dikonfirmasi terkait penetapan tersangka Mentan Syahril Yasin Limpo, Juru Bicara KPK Ali Fikri hanya menjawab bahwa pihaknya memang tengah menyelidiki kasus dugaan korupsi di tubuh kementerian pertanian (Kementan).

- Advertisement -

“Sejauh ini yang kami ketahui benar tahap proses permintaan keterangan kepada sejumlah pihak atas dugaan korupsi di Kementan RI,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (15/6/2023).

Menurut dia, penyelidikan tersebut merupakan proses penegakan hukum sebagai tindak lanjut dari laporan masyarakat yang diterima KPK.

- Advertisement -

“Karena masih pada proses penyelidikan tentu tidak bisa kami sampaikan lebih lanjut. Segera kami sampaikan perkembangannya,” kata dia.

Ali menambahkan, KPK telah telah melayangkan undangan kepada Mentan Syahrul Yasin Limpo untuk memberikan keterangan terkait penyelidikan kasus dugaan korupsi. Dia juga mengharapkan yang bersangkutan akan hadir memenuhi undangan tersebut.

“Benar, dijadwalkan untuk hadir besok Jumat, pukul 09.30 WIB, di Gedung Merah Putih KPK,” terang Ali.

“Informasi yang kami peroleh, surat sudah dikirimkan ke yang bersangkutan,” sambungnya.

Tanggapan Mentan atas kabar penetapan tersangka

Sementara itu, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengaku tidak tahu menahu terkait penetapan dirinya sebagai tersangka terkait kasus korupsi oleh KPK tersebut.

Sewaktu ditemui awak media usai meninjau kawasan sentra pengembangan bawang merah nasional di Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, Rabu (14/6/2023), Syahrul tampak mengelak dan tidak mau berkomentar saat diminta keterangan terkait penetapan tersangka tersebut.

“Wah, saya nggak ngerti itu, nggak ngerti,” ujarnya sembari berlalu melewati kerumunan wartawan, dikutip Kompas TV, Rabu (14/6/2023). (RZ/KPS)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini