spot_img
Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Dokumen Visi Misi Prabowo-Gibran Selalu Cantumkan Nama Joko Widodo

KNews.id – Dokumen visi misi pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mencantumkan nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebanyak 17 kali.
Berdasar dokumen yang diterima, visi misi Prabowo-Gibran terangkum dalam 88 halaman. Halaman pertama menampilkan gambar wajah Prabowo-Gibran dan lambang partai pendukung pasangan tersebut.

Nama Jokowi pertama kali tercantum di halaman 4. Di halaman itu, ada bagan dengan tulisan visi ‘Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045’. Lalu tertulis 8 misi Asta Cita, 17 Program Prioritas, 8 Program Hasil Terbaik Cepat.

- Advertisement -

Di bagian bawah bagan, tertulis kata-kata sebagai berikut ‘Fondasi Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo dan Para Pemimpin Negara Indonesia’.
Setidaknya, ada delapan kali bagan tersebut dicantumkan yakni di halaman 4, 8, 10, 14, 18, 20, 22 dan 28. Berarti, sudah ada delapan kali nama Jokowi tercantum di dokumen visi misi tersebut.

Selain itu, nama Jokowi tercantum dua kali dalam judul tabel ‘Capaian Era Presiden Joko Widodo’. Tabel ini ada di halaman 15 dan 16.

- Advertisement -

Sisanya, nama Jokowi tercantum di halaman 6. Di halaman ini, tertulis bahwa untuk mencapai cita-cita abadi bangsa, diperlukan pembangunan ekonomi, politik, kesejahteraan rakyat, dan pertahanan yang berkesinambungan. Nama Jokowi disebut bersama nama-nama presiden terdahulu. Secara total, nama Jokowi dua kali disebut di halaman 6.

Di halaman 11, nama Jokowi kembali muncul. Halaman ini mencantumkan pernyataan Jokowi pada 7 Oktober 2023 soal tantangan ke depan yang bukan semakin ringan, tetapi semakin berat.
Nama Jokowi muncul di halaman 15. Dijelaskan di halaman ini, Prabowo-Gibran membangun visi Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045 dengan dasar kuat yang dibangun Jokowi.

- Advertisement -

Di halaman 16 dan 17, nama Jokowi muncul dengan menyinggung tingkat kepuasan terhadap pemerintah. Lalu terakhir, nama Jokowi muncul di halaman 19 dengan penjabaran kata-kata di visi pasangan itu.

Nama Presiden RI lain dari mulai Sukarno, Suharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, hingga Susilo Bambang Yudhoyono juga disebutkan masing-masing satu kali.
Sebelumnya, pasangan Prabowo-Gibran telah mendaftar ke KPU . Gibran adalah Putra Sulung Presiden Jokowi yang saat ini menjabat Wali Kota Solo.

Sejumlah pengamat menduga majunya Gibran dalam Pilpres 2024 tak lepas dari perhitungan dan dukungan Jokowi. Hal ini tak lain karena Gibran adalah anak sulung Jokowi.
Jokowi pernah berkomentar soal itu. Ia tidak tegas menyatakan dukungannya. Namun, Jokowi menyebut orang tua punya tugas mendoakan dan merestui. Jokowi juga menyebut Gibran sudah dewasa dan dirinya tak punya hak mencampuri urusan anaknya.

“Ya orang tuanya hanya tugasnya mendoakan dan merestui,” kata Jokowi beberapa waktu lalu.
Di sisi lain, dalam berbagai kesempatan, Prabowo berkali-kali menyatakan akan melanjutkan pembangunan yang telah dirintis di zaman Jokowi.

“Landasan kuat yang sudah dibuat oleh Presiden Jokowi harus kita lanjutkan,” ucap Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan.

  (Zs/CNN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini