spot_img
Jumat, Februari 23, 2024
spot_img

Doa Sabar Agar Hidup Tenang

KNews.id –  Sabar sudah seharusnya dimiliki oleh setiap orang karena perjalanan hidup ini senantiasa banyak sekali rintangan yang bisa datang kapan saja. Ketika sifat kesabaran tak ada di dalam diri, hati akan sulit untuk bisa menerima hal-hal buruk yang terjadi.

Sifat sabar juga harus ditanam karena segala sesuatu yang diberikan Allah SWT kepada umat-Nya memiliki maksud tersendiri yang tentu saja baik untuk umat-Nya. Manusia yang bisa menghadapi berbagai cobaan dengan kesabaran diharapkan bisa menemukan solusi atas segala masalah yang dihadapinya dengan sebaik mungkin.

- Advertisement -

Kesabaran bisa sahabat Dream dapatkan salah satunya dengan memanjatkan doa memohon diberi kesabaran. Doa ini berisi permohonan agar diberi kesabaran dalam menghadapi cobaan atau ujian hidup kepada Allah SWT.

Nah, berikut adalah beberapa bacaan doa sabar yang bisa kamu amalkan serta cara-cara meningkatkan kesabaran sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

- Advertisement -

Doa Memohon Kesabaran

Doa Sabar Pertama

Alloohummna inniiasaluka ta’jiila ‘aafiyatika washobron ‘alaabaliyyatika wakhuruu jam minaddun-yaa ilaa rohmatika.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu disegerakan keselamatan-Mu untukku dan tetap sabar dalam menghadapi cobaan-Mu dan keluar dari dunia menuju rahmat-Mu.”

Doa Sabar Kedua

Artinya: “Ya Tuhan, janganlah jadikan hati ini condong di kesesatan Seusai Engkau memberi petunjuk di kami. Karuniakanlah di kami rahmat-Mu, di karenakan sesungguhnya Kau-lah Dzat yang Maha Pemberi.”

Doa Sabar Ketiga

Robbanaa Afrigh Alainaa Shobron, wa Tsabbit Aqdaamanaa, wanshurnaa ‘Alal Qoumil Kaafiriin.

Artinya: “Ya Tuhan, limpahkan kesabaran di hati dan diri kami, teguhkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami dari orang-orang kafir.”

Doa Sabar Keempat

Ya Muqollibal Quluubi, Tsabbit Qolbiy ‘Alaa Diinika’.

Artinya: “Wahai Dzat Yang Membolak-balikkan Hati, teguhkanlah hati kami di atas agama-Mu.”

Allaahumma Mushorrifalquluub, Shorrif Quluubanaa ‘Alaa Tho’atika.

Artinya: “Ya Allah, Dzat Yang Maha Mengarahkan Hati, arahkanlah hati-hati kami untuk slalu taat di-Mu.”

Doa Sabar Keenam

Allohumma laka aslamtu wa bika amantu wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khoshomtu. Allohumma inni a’udzu bi ‘izzatika laa ilaha illa anta an tudhillani. Antal hayyu alladzi laa yamuut wal jinnu wal insu yamuutun.

Artinya: “Ya Allah, aku berserah diri kepada-Mu, aku beriman kepada-Mu, aku bertawakal kepada-Mu, aku bertaubat kepada-Mu, dan aku mengadukan urusanku kepada-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan kemuliaan-Mu – tidak ada ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Engkau – dari segala hal yang bisa menyesatkanku. Engkau Mahahidup dan tidak mati, sedangkan jin dan manusia pasti mati.” (HR. Muslim, no. 2717).

Cara Meningkatkan Kesabaran dalam Islam

Selain membaca doa sabar, sahabat Dream juga bisa mengiringinya dengan ikhtiar. Berikut adalah beberapa cara meningkatkan kesabaran dalam Islam yang bisa sahabat Dream aplikasikan seperti dikutip dari dalamislam.com

Meniatkan Segala Sesuatu karena Allah SWT

Cara pertama untuk meningkatkan kesabaran dalam Islam adalah dengan meniatkan segala sesuatu karena Allah SWT. Dengan meniatkan karena Allah SWT, maka insya Allah akan mendapatkan ridho dari-Nya. Ridho dari Allah SWT itulah yang bisa mendatangkan kesabaran ke dalam diri kita.

Seperti yang dijelaskan dalam hadis berikut:

Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Menjalankan Puasa Sunah

Cara yang kedua adalah dengan menjalankan puasa sunah. Ada banyak sekali puasa sunah yang bisa sahabat Dream jalankan. Misalnya saja puasa Senin-Kamis, puasa Daud, dan sebagainya.

Berpuasa selain bernilai ibadah, juga merupaka upaya untuk melatih kesabaran diri, terutama menahan hawa nafsu. Sehingga, puasa sunah menjadi cara yang cukup efektif untuk bisa meningkatkan kesabaran.

Membaca Al-Quran

Cara yang ketiga untuk meningkatkan kesabaran adalah dengan membaca Al-Quran. Ya, Al-Quran adalah pedoman hidup bagi umat Islam. Melalui Al-Quran, umat Islam akan dibawa ke jalan yang benar, yakni jalannya Allah SWT.

Selain itu, membaca Al-Quran juga bisa membuat hidup menjadi lebih baik saat menghadapi segala cobaan dari Allah SWT. Secara tidak langsung, ini juga akan melatih kesabaran seseorang.

Berzikir

Cara selanjutnya untuk meningkatkan kesabaran adalah dengan berzikir. Sahabat Dream bisa membaca zikir yang sederhana saja. Karena dengan berzikir bisa membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Dengan begitu, kesabaran pun juga bisa terbentuk ketika sahabat Dream istiqomah berzikir.

Mencontoh Para Nabi dan Sahabat

Cara berikutnya adalah dengan mencontoh para Nabi dan sahabat. Tak diragukan lagi kesabaran yang dimiliki oleh para Nabi dan sahabat. Dalam menjalani hidup dan berdakwah, kesabaran yang mereka miliki sangatlah luar biasa. Dengan membaca kisah-kisah mereka, maka kita akan termotivasi untuk memiliki kesabaran dalam menghadapi setiap ujian hidup.

Itulah penjelasan tentang doa sabar dan beberapa cara meningkatkan kesabaran. Semoga sahabat selalu diberikan kesabaran dalam menghadapi setiap ujian hidup. Dengan begitu, hidup bisa dijalani dengan lebih baik dan tenang.  (Zs/Dream)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terpopuler

Terkini