spot_img
Minggu, Juli 14, 2024
spot_img

Doa Pelunas Utang Dalam Sekejap, Amalkan Sebelum Tidur

KNews.id – Utang merupakan masalah yang kerap melilit manusia. Jerat utang begitu menyiksa pelakunya. Dikisahkan bahwa sahabat Rasulullah SAW pernah terlilit utang hingga beliau mengurung diri di rumah.

Kebetulan hari itu hari Jumat. Karena saking takutnya akan bertemu dengan orang yang memberikan pinjaman, beliau tidak hadir saat sholat Jumat. Nama sahabat tersebut ialah Muadz bin Jabal.

- Advertisement -

Selain ikhtiar lahir yang berusaha sekuat tenaga untuk dapat melunasi utangnya, maka upaya batin seperti doa dan amalan lain sangat dianjurkan dalam Islam.

Berikut ini lafal doa pelunas utang sebagaimana disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat (UAH) dan utamanya diamalkan sebelum tidur.

Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.”

Artinya:

- Advertisement -

“Ya Allah yang mencipta, merawat, dan mengatur langit dan Bumi, Rabb dari ‘Arsy yang agung itu, Allah Tuhan kami yang merawat kami dan juga merawat segala hal, yang menumbuhkan bebijian dan tetumbuhan, yang telah menurunkan Taurat, Injil, dan Al-Qur’an sebagai pembeda. Aku berlindung kepada-Mu ya Allah dari segala keburukan dan Engkau Yang Mahakuasa untuk dapat menentukan segala hal terjadi.

Duhai Allah Engkaulah yang paling awal dan tidak ada sebelumnya apa pun itu, dan Engkaulah yang paling akhir dan tidak ada setelah itu apa pun, dan Engkaulah yang nyata dan tidak ada yang meliputi-Mu di atas-Mu apa pun itu, dan Engkaulah yang batin dan tidak ada selain-Mu apa pun. Ya Allah kami mohon anugerahkan kecukupan rezeki untuk melunasi utang-utang kami hamba-Mu ya Allah dan bebaskan kami dari kefakiran. Mohon anugerahkan kami keluasan rezeki untuk melunasi utang-utang dan lepaskan kami dari kefakiran.”

Amalkan Doa Sebelum Tidur

Ustaz Adi menyebut bahwa riwayat ini dikisahkan dari Suhail dan diterangkan oleh Abu Shalih, tersambung riwayatnya kepada sahabat Abu Hurairah RA yang diajarkan doanya oleh Nabi Saw. Awal hadis ini berbunyi: “Telah diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, dia berkata: “Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami jika salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan (doa bebas dari utang).”

“Mari diusahakan (membaca doa ini) setiap sebelum tidur, selain membaca doa-doa perlindungan,” kata Ustaz Adi Hidayat.

Lebih lanjut, UAH mengingatkan agar kita mengamalkan doa ini dengan sungguh-sungguh, penuh kekhusyukan, dan penuh pengharapan hanya kepada Allah Swt. Dengan begitu, insyaallah Allah akan mengabulkan doa-doa kita dan membebaskan kita dari jeratan utang di dunia.

“Maka ini nampaknya jadi pengetahuan baru untuk kita memohon kepada Allah agar dibebaskan dari jeratan utang dan kefakiran. Semoga bisa dibacakan dengan penuh kekhusukan, penuh harap, memohon kepada Allah sang pemberi rezeki, yang merawat kita, memenuhi segala kebutuhan, mencukupkan segala hal, menyehatkan, dan memberikan perlindungan,” tandas Ustaz Adi Hidayat.

(Zs/Lptn6)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini