spot_img
Selasa, Mei 14, 2024
spot_img

Dirut Telkom Ungkap Alasan IndiHome di Gabung ke Telkomsel

KNews.id – Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Ririek Adriansyah kembali menyinggung soal integrasi IndiHome ke Telkomsel. Layanan Indihome sepenuhnya dikelola oleh Telkomsel per 1 Juli 2023.
Menurut Ririek faktor kanibalisme menjadi salah satu alasan penggabungan IndiHome dengan Telkomsel.

“Ada lima yang jadi program utama kita, pertama FMC ( Fixed Mobile Convergence) . Jadi menggabungkan antara bisnis IndiHome dengan mobile Telkomsel. Kenapa harus digabung kedua layanan ini, karena sudah saling kanibal,” jelasnya di acara Ngopi BUMN di kantor Kementerian BUMN, Jakarta.

- Advertisement -

“Saya yakin orang kalau nonton film dari rumah ke kantor itu pasti download pakai WiFi di rumah, naik MRT terus ditonton di MRT, kan gitu. Jadi nonton nggak pakai mobile, ini kan ada kanibalisme,” lanjutnya.

Menurutnya saat ini sekitar 60-70% konsumsi data internet di ponsel adalah menggunakan jaringan WiFi. Oleh karena itu Telkom melihat ada yang perlu diperbaiki, yaitu dengan efisiensi capex, opex, yang diharapkan bisa mendongkrak sisi pendapatan.

- Advertisement -

“Kira-kira ada 60-70% konsumsi data handphone itu dilakukan tidak di seluler, dia pakai WiFi, bisa di rumah, di kantor, pakai WiFi. Ada kanibalisme sehingga kita perlu lebih perbaiki,” tuturnya.
Sesuai pesan Menteri BUMN Erick Thohir, Telkomsel akan fokus ke B2C (business to consumer), sementara Telkom ke B2B (business to business). Menurutnya B2B merupakan sumber pertumbuhan baru.

“Kalau bahasa pak Menteri BUMN, Telkomsel fokus ke B2C, Telkom ke B2B. Karena B2B sumber pertumbuhan baru,” terang Ririek.  (Zs/Dtk.F)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini