spot_img
Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Dirut Telkom Prediksi Konsumsi Internet Naik 10 Persen di Tahun Politik

KNews.id – Direktur utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) Ririek Adriansyah memperkirakan konsumsi data internet di tahun politik akan melonjak sekitar 10 persen. Hal tersebut diungkap dalam acara Ngobrol Pagi Seputar Badan Usaha Milik Negara (Ngopi BUMN) di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat.

Menurut dia, penggunaan data seluler ini memang cenderung akan naik jika masyarakat memiliki banyak aktivitas. Itu biasanya terjadi pada saat hari-hari besar seperti lebaran atau hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, lalu perayaan Natal dan Tahun Baru. “Masyarakat berkomunikasi, itu akan naik,” ujarnya.

- Advertisement -

Adapun pada saat tahun politik, kata Ririek, juga akan naik. Karena banyak kegiatan berkomunikasi, seperti ada acara kampanye dan sebagainya. “Estimasi saya sih tidak akan jauh beda dengan Lebaran atau Natal dan tahun baru, (naik) sekitar 10 persen. Kasarnya sekitar itu,” ucap Ririek.

Selama Ramadan dan Idul Fitri 1444 H atau (RAFI 2023), Telkomsel mencatat pertumbuhan trafik broadband 11,7 persen dibandingkan hari biasa 2023 atau 11,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Untuk layanan pesan singkat (SMS) tumbuh 14,1 persen, sedangkan trafik layanan panggilan suara (voice call) turun sebesar 20 persen dibandingkan hari biasa.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono mengatakan selama Bulan Suci Ramadan hingga puncaknya Idul Fitri, Telkomsel berupaya melampaui ekspektasi pelanggan dengan membuka lebih banyak peluang. Perusahaan mengedepankan Program Telkomsel Siaga RAFI 2023.

“Secara keseluruhan kami mengantisipasi lonjakan trafik layanan broadband melalui optimalisasi infrastruktur jaringan berteknologi terdepan. Serta menjamin ketersediaan produk dan layanan digital unggulan,” ujar dia lewat keterangan tertulis.

- Advertisement -
Hasil trafik broadband Telkomsel didorong adanya peningkatan aktivitas pelanggan dalam mengakses layanan digital selama momen RAFI 2023. Telkomsel mencatat peningkatan aktivitas digital mencakup akses layanan komunikasi, seperti instant messaging dan video conference yang tumbuh mencapai 5,5 persen, serta akses gim mobile yang melonjak hingga 15,2 persen.

Untuk layanan digital yang mengalami pertumbuhan trafik tertinggi dikontribusi dari akses pelanggan ke layanan aplikasi instant messaging WhatsApp yang melonjak 40,3 persen. Sementara aplikasi media sosial seperti TikTok sekitar 28,5 persen, SnackVideo mencapai 23,4 persen, Instagram naik 14,2 persen, serta layanan streaming video YouTube meningkat hingga 12 persen.

“Seluruh aktivitas digital yang dilakukan oleh pelanggan setia Telkomsel juga berkontribusi dalam meningkatkan trafik penggunaan layanan broadband selama momen RAFI 2023 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa,” tutur Saki.  (Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini