spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Difasilitasi Mensos, Segini Gaji Para Eks Pemulung di Perusahaan BUMN

KNews.id- Sebanyak 15 mantan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) alias pemulung mendapatkan akses pekerjaan di PT Waskita Karya yang sedang menggarap proyek Jalan Tol di Bekasi dan Jakarta berkat Mensos Risma. Mereka difasilitas akses pekerjaan oleh Kementerian Sosial yang dipimpin oleh Tri Rismaharini atau dikenal Risma.

Di proyek pembangunan tol tersebut, eks pemulung di Ibu Kota itu ditempatkan di bagian non teknis konstruksi, seperti petugas kebersihan. Adapun upah yang mereka terima setiap bulannya sesuai upah minimum di wilayah penempatan kerja.

- Advertisement -

“Ada yang Bekasi dan Jakarta,” kata Director of Operation II PT Waskita Karya (Persero) Tbk Bambang Rianto, Kamis, 21 Januari 2021.

Di Kota Bekasi, upah minimum tahun 2021 sebesar Rp 4.782.935 sedangkan upah minimum di Jakarta senilai Rp 4.416.186. Di Bekasi dan Jakarta, kata dia, ada tiga proyek yang dikerjakan oleh PT Waskita Karya, diantaranya Tol Becakayu, Cibitung-Cilincing dan Cimanggis-Cibitung.

- Advertisement -

“Hari ini mereka sosialisasi, besok pagi mereka sudah mulai kerja,” ucap Bambang.

Meski mendapatkan akses kerja ‘jalur khusus’, pekerja bawaan mantan Wali Kota Surabaya tersebut tetap mendapatkan evaluasi kinerja.  Jika dianggap baik, maka kontrak kerja mereka berpotensi diperpanjang setiap setahun sekali.

- Advertisement -

“Kalau dia bagus, akan dievaluasi supaya bisa bekerja kembali di proyek berikutnya,” kata Bambang.

Mensos Tri Rismaharini berharap dengan bantuan akses pekerjaan ke perusahaan BUMN, bisa memperbaiki kualitas hidup para mantan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Sebab, ketika berada di jalanan sebagai pemulung, pendapatan mereka sehari tak lebih dari Rp 30 ribu.

“Kami berterima kasih kepada manajemen Waskita Karya yang memberikan ruang dan kesempatan untuk saudara-saudara kita ini bisa berkarya untuk kehidupan yang lebih baik,” demikian Risma. (AHM)

Sumber: Tempo

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini