spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Diduga, China Ingin Mengambil Perusahaan Jack Ma

KNews.id- Penyelidikan anti-monopoli yang dilancarkan pemerintah China terhadap gurita bisnis Jack Ma, Alibaba dan Ant Group, diduga bakal berujung pada nasionalisasi. Mengutip IB Times, penyelidikan tersebut mengindikasikan rencana Partai Komunis China (PKC) agar Alibaba dapat diambil alih negara. Song Qing, orang dalam industri keuangan dan internet, berpandangan rencana penyelidikan kepada Alibaba kemungkinan datang dari level tertinggi partai.

“Pengambil alihan ini pasti terjadi, dan (penyelidikan anti-monopoli) mungkin akan mempercepat proses itu… Hal itu juga, menurut saya, sengaja untuk memberikan pelajaran (bagi Ant dan Alibaba),” katanya kepada Radio Free Asia.

- Advertisement -

Melansir NBC News, penyelidikan antitrust terhadap Alibaba Group merupakan bagian dari tindakan tegas terhadap perilaku anti kompetitif di ruang internet China.

Otoritas China sendiri telah mengeluarkan rancangan aturan yang bertujuan mencegah perilaku monopolistik oleh perusahaan internet. Mereka juga berjanji untuk memperkuat upaya anti-monopoli pada tahun 2021.

- Advertisement -

People’s Daily, media harian PKC beberapa hari lalu menggembar-gemborkan bahwa penyelidikan anti-monopoli yang dilakukan pemerintah menuju ke arah yang lebih baik. Dalam artikel tersebut politbiro berpandangan ‘tindakan anti-monopoli’ memang harus diperkuat untuk mencegah ekspansi modal yang serampangan.

Sebelumnya People’s Bank of China mengumumkan bahwa empat regulator keuangan negara akan memanggil Ant Group, perusahaan keuangan yang berafiliasi dengan Alibaba, dalam sebuah pertemuan yang akan “memandu Ant Group” untuk menerapkan pengawasan keuangan dan mengatur layanannya.

- Advertisement -

Ant Group adalah platform pembayaran online terbesar di negara China. Ant menawarkan segala sesuatu mulai dari rekening investasi dan produk tabungan mikro, hingga asuransi, skor kredit, dan bahkan profil kencan. Pengawasan terhadap Ant telah lama dilakukan setelah Jack Ma membeli perusahaan keuangan itu. (AHM)

Sumber: CNNIndonesia

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini