spot_img
Senin, Mei 6, 2024
spot_img

Di Depan HRS, Anies Baswedan Bicara Soal Keadilan

Anies mengenakan baju koko putih dan meminta izin kepada Habib Rizieq yang ada di sampingnya untuk mengisi pidatonya di depan mimbar. Dan berikut kutipannya:

Jakarta ini separuh penduduknya numpang, separuh penduduknya punya rumah yang punya rumah di Jakarta cuman 51 persen, 49 persen orang Jakarta ini ngontrak.

- Advertisement -

Di Jakarta ini satu-satunya tempat di Indonesia yang harga tanahnya terus menerus naik terus menerus naik.

Kenapa? Karena harganya naik terus lewat pasar. Efeknya apa? NJOP naik terus menerus. Kalau NJOP naik terus menerus artinya Pajak Bumi Bangunan (PBB) naik terus. Kalau PBB naik terus artinya apa? Kalau diteruskan, pernah Jakarta naik PBB 500 persen.

- Advertisement -

Itu artinya kota ini pemerintahnya membuat yang miskin harus pindah dari dalam Jakarta, yang sosial ekonominya lemah tidak akan mampu bayar pajak, keluar itu satu-satu.

Yang masuk siapa? yang punya uang. Itu tidak pernah dianggap masalah di kota ini saya perhatikan satu-satu terusir.

- Advertisement -

Kenapa? karena PBB-nya mahal, kalau PBB mahal itu dalam artian sesungguhnya apalagi kalau dulunya orang tuanya tinggal di tempat-tempat yang dulu biasa-biasa saja sekarang menjadi tempat yang dianggap elit, tergeser.

Itu Kebon Kacang itu dulunya biasa saja, sesudah Thamrin besar harganya di belakang luar biasa mahal. PBB-nya mahal sekali kalau tidak punya cukup pendapatan tidak mungkin bisa bayar pajak ke tempat itu.

Apalagi kalau tinggalnya di kawasan-kawasan lain ada beberapa orang itu bayar pajak 1 tahun sampai 100 juta, 180 juta 60 juta 40 juta yang angkanya angka fantastis. Jadi Alhamdulillah kita ikhtiarkan perubahan itu. Kita buat peraturan baru, hari ini Alhamdulillah 85 persen rumah di Jakarta sekarang bebas PBB 0 yang bayar hanya tinggal 15 persen.

Hanya 15 persen saja. Ini supaya kita yang kondisinya hari ini mayoritas tidak ekonominya kuat tidak harus terusir dari tanah ini. Saya yakin titip pada semuanya tolong ini dijagain.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini