spot_img
Kamis, Mei 16, 2024
spot_img

Delapan Anggota DEN Dilantik, Dua di Antaranya Mantan Anggota DPR

KNews.id- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif baru saja melantik delapan anggota Dewan Energi Nasional (DEN) hari ini, Jumat (08/01). Adapun dua dari anggota DEN yang baru dilantik tersebut merupakan mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Mereka adalah Daryatmo Mardiyanto dan Satya Widya Yudha. Keduanya pernah menjadi anggota Komisi VII DPR RI yang khusus menangani isu energi dan lingkungan hidup. Daryatmo dipilih menjadi anggota sebagai perwakilan pemangku kepentingan dari kalangan konsumen dan Satya W. Yudha dari kalangan industri.

- Advertisement -

Daryatmo, pria kelahiran Surakarta, 5 Desember 1949 ini merupakan anggota DPR RI periode 2009-2014 dan juga 2014-2019 dari fraksi PDI Perjuangan. Adapun jabatan terakhir yaitu Ketua Komisi Kajian Ketatanegaraan MPR RI pada 2020. Ia disebutkan memiliki latar belakang pendidikan S1 pertambangan umum di Institut Teknologi Bandung dan juga UPN Veteran Yogyakarta.

Sementara Satya W. Yudha, merupakan anggota DPR RI pada periode 2009-2014 dan 2014-2019 dari Partai Golkar. Pria kelahiran Kediri, 10 November 1961 ini pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR RI sejak 2014-2018, serta Wakil Ketua Komisi I DPR RI pada 2018-2019. Lalu sempat ditugaskan menjadi Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar bidang Industri dan Pembangunan.

- Advertisement -

Satya meraih gelar Sarjana (S1) dari Teknik Kelautan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Lalu, dia melanjutkan pendidikannya ke Cranfield University School of Industrial and Manufacturing Science di Bedford, Inggris dan meraih gelar MSc di bdiang Oil and Gas Project Quality Management.

Sebelum menjalankan karir sebagai anggota parlemen, Satya pernah bekerja di ARCO atau BP dan Vico Indonesia. Belum lama ini, Satya juga menjadi Penasihat Ahli Kepala SKK Migas.

- Advertisement -

Adapun anggota DEN lainnya yang baru dilantik yakni:


– Agus Puji Prasetyono (kalangan akademisi)
Jabatan terakhir sebagai Staf Ahli Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Bidang Relevansi dan Produktivitas (2014-2019).

– Musri (kalangan akademisi)
Jabatan terakhir sebagai Akademik Lektor pada Departemen Teknik Geologi, Universitas Hasanuddin Makassar.

– Herman Darnel Ibrahim (kalangan industri)
Jabatan terakhir sebagai anggota DPD MPR RI (2014-2019)

– Eri Purnomohadi (kalangan konsumen)
Jabatan terakhir sebagai anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (2008-2012)

– As Natio Lasman (kalangan teknologi)
Jabatan terakhir sebagai Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir (2008-2014)

– Yusra Khan (kalangan lingkungan hidup)
Jabatan terakhir sebagai Duta Besar/ Kepala Perwakilan RI di Meksiko (2014-2018)

Mewakili anggota DEN yang baru dilantik, Daryatmo menyampaikan sambutan seusai sumpah jabatan. Dia mengatakan dalam kurun waktu lima tahun ke depan pihaknya akan menindaklanjuti tugas dan amanat konstitusi melalui kelembagaan DEN.

“Energi untuk rakyat, untuk masyarakat dimulai dari tahap kemandirian energi nasional menuju kedaulatan energi nasional. Harus diteruskan untuk mewujudkan periodisasi DEN,” ungkapnya dalam sambutan, Jumat (08/01).

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa kemandirian menuju kedaulatan energi adalah tugas yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, berjenjang, berurutan, dan berkelanjutan lima tahun ke depan dalam periode 2020-2025.

“Kita sama-sama tekuni langkah tersebut bahkan sampai pada pengawasan kebijakan energi yang sifatnya lintas sektoral,” jelasnya.

Menteri ESDM Arifin Tasrif berharap pada anggota DEN dari pemangku kepentingan periode 2020-2025 yang baru dilantik bisa membantu menyelesaikan kebijakan pemerintah di bidang energi. Sesuai dengan bidang dan pengalamannya masing-masing.

“Sehingga semua pihak bisa mewujudkan dan melaksanakan program strategis serta bisa segera implementasikannya dengan baik,” paparnya. (Ade)

Sumber: CNBCIndonesia

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini