spot_img
Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Dana Kampanye : Prabowo Mencapai Rp.31,4 M; Ganjar Mencapai Rp. 23,3 M; Anies Rp. 1 M

KNews.id – Jumlah dana kampanye calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka terbanyak dibandingkan dua pasangan lainnya.
Dana awal kampanye Prabowo-Gibran lebih dari Rp 31,4 miliar. Dana kampanye senilai Rp 31,4 miliar itu dari berbagai sumber, salah satunya jasa dari partai politik pengusungnya.
Diketahui, dana kampanye Prabowo-Gibran yang berasal dari parpol pengusung ini sejumlah Rp 28,8 miliar serta berbentuk barang senilai Rp 600 juta.
Dihimpun dari laman KPU RI, capres-cawapres, Prabowo-Gibran juga menyumbang dana awal kampanye ini sebesar Rp 2 miliar. Selain itu ada juga aturan mengenai dana kampanye cpares-cawapres ini, yakni dana kampanye dapat diberikan oleh pasangan calon peserta permilu, gabungan parpol, pihak perseorangan, sumbangan pihak kelompok, hingga perusahaan dan/ bada usaha non-pemerintahan.
Sumbangan itu dapat berupa uang, jasa, hingga barang. Untuk diketahui, pasangan nomor urut 2 ini diusung oleh Partai Gerindra, Golkar, PAN, PSI, Gelora, PBB, Garuda, Prima.
Berikut rincian dana awal kampanye Prabowo-Gibran: 
– Pasangan capres-cawapres: Rp 2 miliar
– Sumbangan berbentuk barang dari parpol atau gabungan parpol senilai: Rp 600 juta
– Sumbangan berbentuk jasa dari parpol atau gabungan parpol senilai: Rp 28,8 miliar
Dana Awal Kampanye Ganjar-Mahfud
Sementara itu, capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD memiliki dana awal kampanyenya mencapai Rp 23,3 miliar. Dana awal kampanye itu berasal dari sumbangan parpol maupun gabungan parpol yang mengusung Ganjar-Mahfud.

Adapun parpol yang mengusungnya, yakni PDI P, PPP, Hanura, Perindo.

Berikut rincian dana awal kampanye Ganjar-Mahfud: 
– Pasangan capres-cawapres: Rp 100 juta
– Sumbangan berbentuk uang dari parpol atau gabungan parpol senilai: Rp 2,9 miliar
– Sumbangan berbentuk barang dari pihak lain/perseorangan senilai: Rp 1,6 juta
– Sumbangan berbentuk uang dari pihak lain perusahaan dan/ badan usaha non-pemerintahsenilai: Rp 20,3 miliar
Dana awal kampanye Anies-Muhaimin
Kemudian, untuk pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tercatat bahwa dana awal kampanye baru terkumpul Rp 1 miliar. Nilai itu merupakan sumbangan dari capres-cawapres yang diusung oleh NasDem, PKB, dan PKS.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini