spot_img
Jumat, Mei 17, 2024
spot_img

Chevron Minggat di Proyek Raksasa RI, Ini Kabar Penggantinya

Dwi berharap pada kuartal I tahun ini proses pengalihan hak partisipasi proyek IDD dari Chevron ke pengelola baru dapat segera terlaksana. Meski begitu, Dwi tidak membeberkan secara pasti siapa pengganti Chevron di proyek IDD ini.

“Bukan hanya harapan saja tapi sudah sepakat, baik dari Chevron sendiri dan calonnya sudah sepakat, jadi kuartal I ini sudah bisa diselesaikan dan sudah bisa diperoleh. Saat ini sudah proses due diligence, minggu depan masih ada beberapa data yang diungkap oleh Chevron dan meyakinkan lagi untuk SKK perihal aset IDD,” kata dia beberapa waktu lalu.

- Advertisement -

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif sebelumnya menyampaikan bahwa ENI, perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Italia, menjadi kandidat kuat pengganti Chevron di proyek migas laut dalam atau IDD di Kalimantan Timur.

Bahkan, pihaknya sudah mengadakan pertemuan bersama perusahaan asal Italia tersebut guna membahas proyek IDD. Meski begitu, Arifin tidak dapat membeberkan besaran nilai akuisisi ENI untuk mencaplok proyek yang berada di lepas pantai Kalimantan Timur ini.

- Advertisement -

“Insya Allah positif deh ya. (Nilai akuisisi) Itu rahasianya dia dong. Kan bisnis,” kata Arifin saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Jumat (16/12/2022).

Seperti diketahui, proyek IDD senilai US$ 6,98 miliar yang meliputi Lapangan Gendalo dan Gehem awalnya direncanakan akan beroperasi pada kuartal IV tahun 2025. Proyek ini memiliki estimasi produksi mencapai 844 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) dan 27.000 barel per hari (bph). (Ach/Cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini