spot_img
Minggu, Februari 25, 2024
spot_img

Cak Imin Bantah Pernyataan Wapres Soal Bansos Melestarikan Kemiskinan

KNews.id – Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin membantah pernyataan Wapres Ma’ruf Amin yang menilai pemberian bantuan sosial (bansos) terus menerus sama dengan melestarikan kemiskinan. Cak Imin mengatakan, bansos merupakan kewajiban negara untuk rakyat yang membutuhkan.

“Bansos dibutuhkan, bansos itu bukan diteruskan atau tidak diteruskan, bansos itu kewajiban negara untuk rakyat yang membutuhkan pertolongan,” kata Cak Imin kepada wartawan di Jombang, Sabtu (6/1/2024).

- Advertisement -

Ma’ruf Amin: Kalau Bansos Terus, Namanya Melestarikan Kemiskinan

Cak Imin mengatakan, bansos menjadi sesuatu yang harus dilaksanakan. Sebab, katanya, bansos itu berasal dari uang rakyat.

- Advertisement -

“Masalahnya bukan soal kewajiban negara, jadi bukan kebaikan negara, kebaikan pemerintah. Bukan. Ini kewajiban. Sehingga itu uang rakyat dikembalikan ke rakyat, tidak boleh diklaim oleh siapapun,” imbuhnya.

Ia menambahkan, bansos menjadi bagian dari konsep kesejahteraan. Sehingga, pemberian bansos juga harus memperhatikan kelayakan penerima bansos itu sendiri.

“Itu harus membantu karena memang kebutuhan, yang disebuah konsep kita kan negara kesejahteraan ya. Negara yang memang harus memperhatikan orang yang belum sepenuhnya mampu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wapres Ma’ruf Amin menilai pemerintah semestinya mengurangi pemberian bansos ke masyarakat sedikit demi sedikit. Sebab menurut Ma’ruf pemberian bansos terus menerus sama dengan melestarikan kemiskinan.

“Kalau bansos terus kan namanya melestarikan kemiskinan. Jadi bagaimana supaya lama-lama ini bansos makin sedikit, makin sedikit maka sedikit,” ujar Ma’ruf di Istana Wakil Presiden.
(Zs/Dtk)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini