spot_img
Sabtu, Maret 2, 2024
spot_img

Bos Freeport Minta Kepastian Perpanjangan Kontrak Gali Emas di Papua

KNews.id – PT Freeport Indonesia (PTFI) berharap kepastian izin usaha pertambangan khusus (IUPK) dapat segera terselesaikan. Presiden Direktur PTFI Tonny Wenas mengatakan pihaknya membutuhkan kepastian perpanjangan kontrak kerja sesegera mungkin, agar dapat mengeksplorasi tambang. Menurut Tonny, dibutuhkan waktu hingga 15 tahun untuk membangun tambang.

“Kita perlu 15 tahun kira-kira untuk membangun tambang supaya tidak terjadi kekosongan produksi pada tahun 2041. Kalau baru tahun 2039 diperpanjang, ya kita nanti nambangnya 2055,” ujar Tonny saat berbincang di sela-sela kunjungan tambang PTFI, Tembagapura, Mimika, Papua.

- Advertisement -

Diketahui, IUPK PTFI akan berakhir pada 2041. PTFI sendiri sudah mengajukan perpanjangan kontrak beroperasi setelah 2041, namun belum mendapat kepastian lantaran masih ada beberapa pertimbangan persyaratan. Salah satu syarat yang diminta kepada PTFI adalah menambah kepemilikan saham pemerintah di perusahaan tambang itu sebanyak 10 persen atau menjadi 61 persen.

Tonny menyampaikan, sampai saat ini persyaratan tersebut masih dalam tahap diskusi. Selain itu, pembangunan smelter baru juga disebut sebagai persyaratan.

- Advertisement -

“Itu masih didiskusikan sebenarnya, tapi pembangunan smelter baru dan saham 10% mulai 2041 itu adalah salah satu paket dari perpanjangan itu. Yang masih dibicarakan, masih ada tahap finalisasi,” kata Tonny.

Tonny mengatakan, perpanjangan kontrak PTFI memberikan manfaat bagi Indonesia, mulai dari penerimaan negara yang mencapai 4 miliar dolar AS per tahun atau Rp60 triliun, pendapatan daerah hingga penciptaan kesempatan pekerjaan.

“Jadi untuk kepentingan semua pihak, kalau memang ada potensi melanjutkan, ya sebaiknya dilanjutkan. Jadi semua mendapatkan manfaat,” ucapnya. Tonny juga menyampaikan bahwa PTFI siap melanjutkan eksplorasi tambang saat sudah mendapat kepastian perpanjangan kontrak. Dia meyakini, masih banyak cadangan tambang yang dapat diperoleh hingga puluhan tahun mendatang.  (Zs/Ok)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini