spot_img
Minggu, Mei 12, 2024
spot_img

BMKG Beri Peringatan Baru, ‘Petaka’ di RI Kian Nyata

KNews.id – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan adanya potensi risiko Indonesia mengalami gangguan ketahanan pangan. Menurutnya kerentanan ketahanan pangan di Indonesia akan terjadi karena kekurangan air yang dipicu kenaikan suhu permukaan Bumi. Ini ia sampaikan dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI beberapa waktu lalu.

“Terjadi kenaikan suhu hingga 2023 sebesar kurang lebih sebesar 1,2 derajat Celcius dibandingkan di masa sebelum revolusi industri, dan 8 tahun terakhir ini tercatat merupakan rekor terpanas sepanjang sejarah,” kata Dwikorita.

- Advertisement -

Suhu permukaan Bumi memang terus mengalami kenaikan, termasuk sepanjang tahun ini yang terus memecahkan rekor. Tercatat, Juli 2023 menjadi bulan Juli terpanas dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kenaikan suhu secara global memang sudah terjadi sejak tahun 1850-an. Penyebabnya adalah karena pertumbuhan industri yang terus berkembang. Tren ini terus naik hingga tahun 2023.

Di Indonesia sendiri, menurut Dwikorita, belum mengalami kenaikan suhu yang terlalu besar. Ini karena luas laut jauh lebih besar dari luas daratannya, “sehingga berperan sebagai pendingin,” ungkap dia. Suhu Bumi yang meningkat itu menyebabkan global water hotspot atau kekeringan. Kejadian ini akan berlangsung hingga beberapa waktu ke depan.

- Advertisement -

“Akibat kekurangan air ini, diproyeksikan oleh organisasi meteorologi dunia, termasuk di Indonesia warnanya orange, terjadi kondisi kerentanan cukup tinggi terhadap ketahanan pangan,” jelasnya.

Sekitar 2050, dia menjelaskan indikator ketahanan pangan di sebagian besar dunia akan berwarna orange bahkan hitam. Indonesia akan masuk dalam kategori menengah atau orange. “Dan kita akan kesulitan impor karena negara-negara penghasil pangan pun malah mengalami kekeringan lebih parah,” ujarnya.

- Advertisement -

Dwikorita juga memaparkan hasil pantauan BMKG terhadap penyebab perubahan iklim. Ditandai dengan lonjakan suhu Bumi terjadi karena konsentrasi Co2 di GAW Kototabang melonjak dari sekitar 370 ppm menjadi 415 ppm.

Padahal wilayah tersebut berada di tengah hutan dan tanpa polusi. Dengan catatan tersebut diperkirakan Co2 di wilayah perkotaan juga ikut melonjak dan mengakibatkan adanya selubung gas rumah kaca di atmosfer.

Selubung itu menyebabkan radiasi Matahari terhambat kembali ke angkasa. Pada akhirnya akan ada dampak di Bumi termasuk Indonesia, misalnya es puncak Jayawijaya yang diperkirakan punah tahun 2025 dan cuaca ekstrem terus sering terjadi.

“Untuk itu BMKG melakukan pelatihan adaptasi perubahan iklim, meningkatkan literasi iklim untuk masyarakat, serta memperluas penerapan transformasi energi dari energi fosil ke nonfosil,” pungkas Dwikorita.  (Zs/CNBC)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini