spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

BKPM: Luar Biasa! Investasi Pengusaha Indonesia tetap Meroket di Tengah Pandemi

KNews.id- Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa dalam lima tahun terakhir, penanaman modal dalam negeri (PMDN) terus mengalami kenaikan. Bahkan di tahun ini, PMDN realisasinya lebih banyak dari penanaman modal asing (PMA).

BKPM mencatat akumulasi realisasi investasi di 2020 mencapai Rp 826,3 triliun. Total realisasi investasi tersebut terdiri dari PMDN sebesar Rp 413,5 triliun atau naik tujuh persen. Sementara sisanya berasal dari PMA sebesar Rp 412,8 triliun atau turun 2,4 persen. Dalam capain

- Advertisement -

“Di era pandemi Covid peran PMDN sangat luar biasa, jadi sekarang kita tidak bisa lagi membeda-bedakan PMA dan PMDN yang didahulukan” katanya dalam konferensi pers, Senin (25/1).

Ia memaparkan, pada tahun 2016 PMDMN sebesar 35,5 persen dan PMA 64,7 persen. Sedangkan tahun 2020 PMDN 50,1 persen dan PMA 49,9 persen. Ia menjelaskan, PMDN pada saat pandemi merupakan benteng pertahan dalam realisasi investasi. Untuk itu tidak ada lagi perbedaan antara PMA dan PMDN.

- Advertisement -

“Jadi lima tahun terakhir investasi kita sudah mulai berimbang antara PMA dan PMDN. Ini baru dalam sejarah bisa berimbang. Dan ini perlu ditingkatkan lagi” tandasnya. (Ade)

Sumber: IdxChannel

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini