spot_img
Selasa, April 23, 2024
spot_img

Bisnis Keluarga Sutowo yang Bertumbangan, dari Hard Rock Cafe Jakarta hingga Hotel

Pontjo Sutowo

Pontjo Sutowo adalah anak keempat dari Ibnu Sutowo. Dia merupakan pengendali Hotel Sultan. Hal ini berawal pada 1971, yang mana Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin memberikan Hak Guna Bangunan (HGB) 30 tahun kepada Indobuildco untuk membangun sebuah hotel di lokasi tersebut. Ali Sadikin meminta bantuan kepada ayah Pontjo, yaitu Ibnu Sutowo, untuk membangun sebuah hotel.

- Advertisement -

Kementerian Sekretariat Negara (Kemsetneg), bakal mengambil alih dan mengelola sendiri Hotel Sultan yang letaknya berada di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) itu. Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej atau Eddy Hiariej mengatakan pihaknya bakal mengundang PT Indobuildco pada Selasa, 7 Maret 2023 pukul 13.30 untuk membahas soal pengambilalihan Hotel Sultan.

Soal gugatan di PTUN dari PT Indobuildco terhadap negara atas pengambilalihan tersebut, Eddy memastikan hal itu tak akan mengganggu proses pemindahan kepemilikan aset tersebut.

- Advertisement -

Eddy menjelaskan pemerintah memenangkan PK untuk perkara yang sama sebanyak empat kali. Adapun pihak yang menggugat kepemilikan lahan tersebut adalah PT Indobuildco dengan Direktur Utamanya Pontjo Sutowo.

Eddy menyebut PT Indobuildco selaku pengelola Hotel Sultan juga tidak membayar royalti atau kontrubusi sejak tahun 2007 – 2023 kepada Kementrian Sekretariat Negara selaku pemilik lahan tersebut.

- Advertisement -

Eddy menyebut pihaknya telah membuat tim transisi pengelolaan Blok 15 Kawasan Pusat Pengelolaan Komplek Gelanggang Olahraga Bung Karno. Tim ini bakal berperan mengembalikan fungsi dan manfaat lahan di GBK untuk negara. (Ach/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini