spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Berkat SBN, Hasil Investasi Asuransi Jiwa Naik 241%

KNews.id –  Industri asuransi jiwa mencatatkan kenaikan hasil investasi signifikan sebesar 241,5% pada paruh pertama tahun 2023. Hal ini buntut penempatan dana investasi yang berubah ke Surat Berharga Negara (SBN).

Ketua Bidang Keuangan, Permodalan, Investasi dan Pajak AAJI Simon Imanto mengatakan, setelah ada POJK No. 5 dan No. 6 tahun 2023 dan SE OJK No. 5/2023 terkait PAYDI, industri asuransi jiwa secara konsisten meningkatkan penempatan investasinya pada instrumen Surat Berharga Negara (SBN).

- Advertisement -

Sampai dengan Juni 2023, investasi pada instrumen SBN tercatat meningkat 36,1% menjadi Rp157,16 triliun. Hal ini sekaligus menjadi bukti komitmen industri asuransi jiwa dalam pembangunan jangka panjang pemerintah.

“Penempatan investasi yang dilakukan oleh industri asuransi jiwa wajib didasari oleh portofolio produk yang dipasarkan serta risk appetite dari para nasabahnya,” ujar Simon dalam paparan kinerja industri asuransi Jiwa di Rumah AAJI, Jakarta, Kamis, (24/8/2023).

- Advertisement -

Ia menjeaskan, peningkatan SBN ini karena perusahaan asuransi tidak lagi boleh memasukan dananya di reksa dana denagn underlying SBN.

“Makannya aset Reksa dana itu turun, ada juga reksadana yang underlying asetnya ekuitas kan, dimana ekusitasnya itu dikelola sendiri, waktu dikelola sendiri kebetulan marketnya bagus pemilihan investasinya baik, tentunya dibukukannya lebih baik hasil investasinya secara industri, itulah yang menyebabkan kenaikan terhadap investasi secara industri,” kata dia.

- Advertisement -

Sebagai informasi, per Juni 2023, industri asuransi jiwa membukukan total aset mencapai Rp. 615,01 triliun. Hasil tersebut mengalami penurunan sebesar 0.5% jika dibandingkan dengan total aset pada Juni 2022. 87,6% total aset merupakan total investasi yang sampai periode tersebut mencatatkan nilai sebesar Rp538,77 triliun. (Zs/CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini