spot_img
Minggu, Mei 26, 2024
spot_img

Bahasa yang Digunakan Penduduk Surga Menurut Hadits

KNews.id – Kehidupan surga banyak digambarkan melalui Al-Qur’an, misalnya mengenai keindahan, makanan, hingga minumannya. Namun tahukah kamu, bahasa apa yang digunakan penduduk surga?
Beberapa riwayat mengatakan bahasa penduduk surga adalah bahasa Arab. Simak penjelasannya dalam artikel ini. Ketahui juga apa saja keutamaan menguasai bahasa Arab.

Bahasa Penduduk Surga
Dalam buku Fikih Keseharian: Bahasa Arab Bahasa Surga Hingga Siapa yang Memberikan Fatwa? (2021) yang disusun Hafidz Muftisany, disebutkan sesuai hadits bahwa bahasa Arab adalah bahasa surga.
Diriwayatkan oleh Thabrani, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Aku mencintai Arab karena tiga hal. Karena aku orang Arab, Alquran berbahasa Arab dan Bahasa Arab adalah bahasa surga.”

- Advertisement -

Banyak ulama yang menilai hadits tersebut dhaif, tetapi Imam as-Suyuthi dalam Jami’us Shaghir mengkategorikan hadits tersebut sebagai hadits dengan derajat shahih. Namun Ibnu Taimiyah, dalam Majmu Fatawa, mengatakan tidak ada keterangan dari hadits atau nash Al-Qur’an tentang bahasa surga dan neraka.

Dalam Musnad Firdaus ad-Dalimi, riwayat tentang bahasa Arab yang tertinggi derajatnya hanya sampai mauquf ke Umar bin Khattab. Dikatakan bahwa “Pelajarilah Bahasa Arab karena ia adalah separuh dari agamamu.” Artinya, memang dianjurkan agar umat Islam tetap mempelajari bahasa Arab.

- Advertisement -

Sementara dalam buku Inilah Surga (2021) oleh Ibnu Qayyim Al-Jauziyah dan Ibnu Abi Dunya, Harun bin Sufyan menuturkan kepada kami, Muhammad bin Umar mengabarkan kepada kami, Abdurrahman bin Abdil Aziz mengabarkan kepada kami, ia berkata, “Aku bertanya kepada Az-Zuhri tentang bahasa para penduduk surga.” Ia menjawab, “Telah sampai kabar kepadaku bahwa bahasa penduduk surga adalah bahasa Arab.”

Keutamaan Bahasa Arab
Ada setidaknya 4 keutamaan bahasa Arab. Berikut ini penjelasan yang dikutip dari buku Khazanah Bahasa Arab: Sebuah Tinjauan Bahasa Arab dari Berbagai Dimensi dan Sudut Pandang (2023) oleh Muhammad Farih:

- Advertisement -

1. Termasuk Bahasa Universal
Bahasa Arab termasuk bahasa universal. Tanda keuniversalan bahasa Arab antara lain adalah sebagai berikut:

Memiliki kosa kata yang lengkap. Banyak kata dalam bahasa Arab yang tidak memiliki padanan dengan bahasa lain.
Memiliki kata mutiara dan peribahasa.
Menjadi bahasa ekonomi, karena kekuatan ekonomi bangsa Arab membuat banyak negara harus menggunakan bahasa Arab.

2. Bahasa Al-Qur’an
Bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an, sehingga belajar bahasa Arab menjadi salah satu yang utama bagi umat Islam. Bahasa Al-Qur’an tak akan mungkin berubah karena Allah sendiri yang berjanji untuk memeliharanya.

3. Bahasa Nabi Muhammad
Bahasa Arab adalah bahasa yang paling dicintai Nabi Muhammad karena merupakan bahasa pertama yang diucapkan lidahnya, termasuk pula wahyu yang diterimanya dari Jibril yang turun dalam bahasa Arab. Tentu ini merupakan kemuliaan yang diberikan Allah pada bahasa Arab.

4. Bahasa Identitas
Salah satu fungsi bahasa adalah sebagai identitas. Dalam berkomunikasi, bahasa menunjukkan siapa yang berbicara. Dalam hal ini, bahasa Arab tidak hanya menunjukkan identitas orang Arab, tetapi Muslim pada umumnya pasti juga menggunakan bahasa Arab untuk hal tertentu, misalnya dalam berdoa atau mengekspresikan suatu peristiwa.

Demikian tadi penjelasan mengenai pertanyaan apa bahasa yang digunakan penduduk surga.
Meski tidak ada penjelasan pasti tentang hal ini, tetap saja bahasa Arab adalah bahasa yang memiliki banyak keutamaan untuk dipelajari setiap Muslim.   (Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini