spot_img
Selasa, Juli 16, 2024
spot_img

Asmaul Husna dan Artinya serta Khasiat Mengamalkannya dalam Kehidupan

KNews.id – JAKARTA, Bulan Ramadhan merupakan momentum tepat untuk memperbanyak ibadah, berdoa dan berdzikir kepada Allah. Salah satu yang tidak boleh ditinggalkan yakni berdzikir dan berdoa dengan menyebut Asmaul Husna yang artinya nama-nama Allah yang Indah dan baik.

Asmaul husna adalah nama-nama Allah SWT yang baik dan indah yang berjumlah 99 sesuai dengan sifat-sifat-Nya yang Mahaagung dan Mahabijaksana.

- Advertisement -
Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, Rasulullah Saw bersabda:

“إِنَّ لِلَّهِ تَعَالَى تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمًا، مِائَةٌ إِلَّا وَاحِدًا، مَنْ أَحْصَاهَا دخل الجنة، وهو وتر يُحِبُّ الْوِتْرَ”

Artinya: Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama, alias seratus kurang satu. Barang siapa yang menghitung-hitungnya, niscaya masuk surga; Dia Witir dan menyukai yang witir”.

Muslim dianjurkan untuk senantiasa menyebut dan berdzikir dengan menyebut asmaul husna . Selain akan mendapatkan pahala dan ampunan, juga ketenangan sukses dunia akhirat.

Disebutkan dalam Alquran bahwa orang yang hafal Asmaul husna akan dijamin masuk surga. Allah juga akan memberikan balasan yang baik bagi tiap hamba-Nya yang menyertakan asmaul husna dalam setiap doanya.

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَاۖ وَذَرُوا الَّذِيْنَ يُلْحِدُوْنَ فِيْٓ اَسْمَاۤىِٕهٖۗ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

- Advertisement -

Artinya: Allah mempunyai asmaul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan”. (QS. Al A’raf: 180)

Berikut 99 Asmaul Husna dan Artinya beserta khasiatnya:

1. الرَّحْمَن (Ar Rahman) Artinya: Yang Maha Pemurah

Barang siapa membaca Ya Rahmaan sebanyak 100 kali tiap selesai mengerjakan sholat fardhu, maka dengan izin Allah akan hilanglah sifat lalai dan lupa dalam dirinya

2. الرَّحِيمُ (Ar Rahim) : Yang Maha Penyayang

Barang siapa takut terjerumus kepada perbuatan yang tidak disukainya, maka hendaklah ia berdzikir dengan membaca Ya Rahmaan Ya Rahiim sebanyak 100 kali setiap selesai mengerjakan sholat fardhu.

3. الْمَلِكُ (Al Malik) : Yang Maha Memiliki/Raja

Barang siapa membaca ism ini dengan rutin tiap hari pada waktu matahari tergelincir sebanyak 100 kali niscaya hatinya akan menjadi bersih, dan lenyaplah segala kekotorannya.

4. الْقُدُّوسُ (Al Quddus): Yang Mahasuci,

Allah akan mengobati semua penyakit ruhani kepada orang yang membaca Asma Allah ini sebanyak – banyaknya setiap hari.

5. السَّلَام (As Salam): Yang Mahasejahtera

Barang siapa yang membaca ism ini terus menerus, Allah akan melindunginya dari semua bencana dan bahaya.

6. الْمُؤْمِنُ (Al Mukminu): Yang Mengaruniakan keamanan

Barang siapa yang membaca Asma Allah ini sebanyak 630 kali pada saat mengalami ketakutan, Allah akan melindunginya dari semua bencana, kecelakaan dan kerugian.

7. الْمُهَيْمِنُ (Al Muhaimin) : Yang Maha Memelihara

Barang siapa membaca Asma Allah ini sebanyak 100 sesudah mandi dan sholat dua rakaat ditempat yang sunyi dengan memusatkan perhatian kepada Allah SWT, niscaya Allah akan menyucikan lahir dan batinnya.

8. الْعَزِيزُ (Al ‘Aziz) : Yang Mahamulia

Barang siapa yang berdzikir dengan Asma Allah ini selama 40 hari, tiap harinya sebanyak 40 kali, niscaya Allah akan menolongnya dan memuliakannya, sehingga ia tidak lagi membutuhkan bantuan seorang makhluk pun.

9. الْجَبَّار (Al Jabbar) : Yang Mahaperkasa

Barang siapa yang membaca Asma Allah ini sebanyak 226 kali di setiap pagi dan sore hari, dia akan diselamatkan dari kezaliman penguasa dan orang – orang yang kejam, baik didarat maupun dilaut, di dalam perjalanan maupun di tempat kediaman.

10. الْمُتَكَبِّرُ (Al Mutakabbir) : Yang Mahabesar

Jika seseorang membaca yaa Mutakabbir sebanyak 10 kali sebelum bersebadan dengan istrinya, niscaya mereka akan mendapatkan anak yang sholeh.

11. الْخَالِقُ (Al Kholiq): Yang Menciptakan

Siapa yang membaca Asma Allah ini sebanyak 100 kali selama 7 hari, ia akan dilindungi dari semua malapetaka, Insya Allah.

12. الْبَارِئُ (Al Baari) : Yang Mengadakan,

Barang siapa membaca Asma Allah ini selama 7 hari berturut – turut sebanyak 100 kali maka ia akan selamat dari bencana.

13. الْمُصَوِّرُ (Al Mushawwir): Yang Membentuk rupa

Jika seorang wanita yang tidak dapat memiliki anak dan percaya bahwa hanya Allah – lah Yang Maha Pencipta, kemudian dia berpuasa selama 7 hari dan setiap berbuka puasa membaca yaa Khaaliq yaa Baarii’ yaa Mushawwir sebanyak 21 kali diatas segelas air dan berbuka puasa dengan meminum air ini, Insya Allah dia akan memiliki anak.

14. الْغَفَّارُ (Al Ghaffaar) Yang Maha Pengampun

Barang siapa yang membaca Asma Allah ini sebanyak 100 kali setelah sholat Jumat, maka segala dosa – dosanya akan diampuni pada minggu sebelumnya.

15. الْقَهَّارُ (Al Qohhaar): Yang Maha Mengalahkan

Berkhasiat untuk menghilangkan rasa cinta berlebihan kepada dunia dan pengagungan selain kepada Allah SWT di dalam hati.

16. ، الْوَهَّاب (Al Wahhaab): Yang Maha Pemberi karunia,

Jika seseorang mempunyai hajat, khusus agar hajatnya terkabul, hendaknya melakukan sujud dihalaman rumah atau masjid kemudian membaca Asma Allah ini 100 kali, Insya Allah hajatnya akan terkabul.

17. الرَّزَّاق  (Ar Razzaaq): Yang Maha Pemberi rezeki

Membaca yaa Razzaaq sebanyak 100 kali setelah sholat jumat akan membantu orang yang mengalami stres dan depresi.

18. الْفَتَّاحُ (Al Fattaah): Yang Maha Pemberi Keputusan,

Barang siapa yang meletakkantangan kanannya didada setelah sholat subuh dan membaca Asma Allah ini sebanyak 70 kali, Insya Allah hatinya akan bersih dari khayalan, kejahatan, egoisme, amarah dan kekotoran yang lainnya. Menerangi jiwanya dan memudahkan urusannya.

19. الْعَلِيمُ (Al ‘Aliim) : Yang Maha Mengetahui,

Jika seseorang melazinkan membaca Asma Allah ini sebanyak 150 kali setiap hati, niscaya pemikiran dan pemahamannya akan bertambah.

20. الْقَابِضُ (Al Qaabidh): Yang Menyempitkan rezeki

Barang siapa menuliskan ism Al-Qaabidh pada empat puluh keping roti selama 40 hari, maka ia tidak akan merasakan sakitnya penyakit dan diselamatkan dari lapar, haus, luka dan sebagainya.

21. الْبَاسِط (Al Baasith): Yang Melapangkan rezeki,

Barang siapa terbiasa membaca Asma Allah ini niscaya ia akan beroleh kedamaian di dalam hatinya, terbebas dari stress dan berbagai persoalan, penghasilannya bertambah, dicintai dan dihargai dan dapat memberikan kebahagiaan kepada orang lain.

22. الْخَافِضُ (Al Khoofidh): Yang Maha Merendahkan

Barang siapa membaca yaa Khaafidh sebanyak 500 kali, maka semua hajatnya akan dipenuhi Allah dan menghilangkan semua kesulitannya, Insya Allah.

23. الرَّافِعُ (Ar Raafi’) : Yang Meninggikan,

Barang siapa membaca Yaa Raafi’ sebanyak 70 kali, niscaya ia akan selamat dari gangguan orang – orang yang aniaya.

24. الْمُعِزُّ (AL Mu’izz): Yang Merendahkan

Jika Asma Allah ini dibaca 40 kali setelah sholat maghrib setiap Senin dan Jumat, Allah SWT akan mengaruniakan kepada orang yang membacanya kemuliaan dan kehormatan, dan Allah akan menanamkan rasa takut ke dalam hati seluruh makhluk kepadanya, Insya Allah.

25. الْمُذِلُّ (Al Mudzill) : Yang Menghinakan

Barang siapa membaca ism Yaa Mudzillu sebanyak 75 kali kemudian ia berdoa didalam sujudnya dan berkata, “Ya Allah, lindungilah aku dari kejahatan si Fulan”, niscaya ia akan bebas dari dalam penjaranya dan akan selamat dari gangguan orang – orang yang dengki dan aniaya.

26. السَّمِيعُ (As Saami’): Yang Maha Mendengar,

Barang siapa membaca Yaa Samii’ pada hari kamis sesudah sholat Dhuha sebanyak 50 kali atau 500 kali, maka ia akan menjadi seorang yang makbul doanya.

27. الْبَصِيرُ (Al Baashir) Artinya: Yang Maha Melihat,

Orang yang membaca Yaa Bashiir sebanyak 100 kali setelah sholat jumat secara istiqamah, Allah WT akan mengaruniakan kepadanya penglihatan (mata) yang tajam dan cahaya dalam hatinya. Insya Allah.

28. الْحَكَمُ (Al Haakim) Artinya: Yang Memutuskan,

Barang siapa berdzikir dengan Asma Allah ini sebanyak 99 kali pada akhir malam dalam keadaan wudhu dan mengkonsenterasikan pikiran maka Allah akan menjadikan batinnya sebagai tempat rahasia – rahasia ketuhanan dan hatinya akan dipenuhi dengan cahaya.

29. الْعَدْلُ (Al ‘Adl): Yang Mahaadil,

Barang siapa menulis (dengan za’faran atau dengan isyarat jari) Asma Allah ini di atas 20 potong roti pada malam atau siang hari jumat, kemudian memakannya, maka Allah SWT akan menjadikan seluruh makhluk tunduk kepadanya, Insya Allah.

30. اللَّطِيفُ (Al Lathiif): Yang Mahalembut,

Barang siapa yang membaca Asma Allah ini sebanyak 133 kali setiap hari, Allah SWT akan mengaruniakan kepadanya rezeki yang berlimpah.

31. الْخَبِيرُ (Al Khabiir) : Yang Maha Mengenal

Barang siapa berada di dalam kekuasaan orang yang selalu menganiayanya, maka ia harus memperbanyak berdzikir dengan Asma Allah ini.

32. الْحَلِيمُ (Al Haliim) Artinya : Yang Maha Penyantun,

Jika seseorang yang pemarah membaca yaa Haliim sebanyak 88 kali pada saat amarahnya nyaris memuncak, niscaya marahnya akan reda.

33. الْعَظِيمُ (Al ‘Adhiim): Yang Mahaagung,

Barang siapa berdzikir dengan Asma Allah ini sebanyak 12 kali, niscaya ia akan selamat dari segala sesuatu.

34. الْغَفُورُ (Al Ghafuur) Yang Maha Pemberi ampunan,

Orang yang mengucapkan sebanyak tiga kali yaa Rabb Aghfirli Al –Ghafuur ketika sujud maka Allah SWT akan mengampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang.

35. الشَّكُورُ (Asy Syakuur): Yang Maha Mensyukuri,

Barang siapa membaca Asma Allah ini setiap hari sebanyak 41 kali untuk mengatasi masalah keuangan, jasmani, ruhani, pikiran dan sebagainya. Insya Allah masalah tersebut akan segera teratasi.

36. الْعَلِيّ (Al “Aliiy): Yang Mahatinggi,

Seseorang yang membaca Asma Allah ini setiap hari secara istiqamah dan membawa serta tulisan tersebut dalam badannya, maka derajatnya akan ditinggikan dan dikaruniai kemakmuran, dan semua hajatnya akan terpenuhi, Insya Allah.

37. الْكَبِيرُ (Al Kabiir) : Yang Mahabesar,

Berkhasiat untuk membuka pintu ilmu pengetahuan dan makrifat bagi orang yang banyak berdzikir dengan Asma Allah ini.

38. الْحَفِيظ (AL Khaafidz): Yang Maha Memelihara,

Barang siapa yang berdzikir dengan Asma Allah ini dengan istiqamah atau menuliskannya dan membawanya di tempat yang menakutkan, maka ia akan selamat, sekalipun ia tidur di tempat binatang buas.

39. الْمَقِيتُ (Al Muqiit) : Yang Memberi waktu,

Barang siapa menuliskan Asma Allah ini atau membacakannya ke atas tanah, lalu tanah itu dibasahinya dan kemudian diciumnya, niscaya Allah akan menguatkannya dalam menahan rasa lapar.

40. الْحَسِيبُ (AL Hasiib): Yang Maha Menghitung,

Jika seseorang menuliskan nama ini pada botol dan memberi minum bayi yang sering menangis dari botol ini, niscaya tangisnya akan berhenti.

41. الْجَلِيلُ ُ (Al Jaliil) : Yang Mahaagung,

Barang siapa membaca atau menuliskan Asma Allah ini pada sehelai kertas dengan tinta misik dan za’faran, lalu dibawanya, maka Allah akan memberikan kewibawaan dan kebesaran kepada-Nya.

42. ، الْكَرِيمُ(Al Kariim) : Yang Mahamulia,

Barang siapa memperbanyak dzikir dengan Asma Allah ini ketika hendak tidur dan dilakukan secara rutin, maka Allah akan menanamkan sifat Karim kedalam hati orang – orang arif.

43. الرَّقِيبُ (Ar Raqiib) : Yang Mengawasi,

Jika seseorang lupa atau kehilangan sesuatu, membaca Asma Allah ini akan membantu orang itu untuk menemukannya kembali.

44. الْمُجِيب (AL Mujiib) : Yang Memperkenankan

Orang yang senantiasa berdzikir membaca yaa Mujiib, maka doa – doanya akan dikabulkan.

45. الْوَاسِعُ، (Al Waasi’) Yang Mahaluas,

Berkhasiat mendatangkan kelapangan dan kedudukan, lapang dada dan terhindarnya ia dari sifat dendam dan tamak, serta mendatangkan sifat qanaa’ah bagi orang yang berdzikir dengannya.

46. الْحَكِيمُ : Yang Mahabijaksana,

47. الْوَدُودُ :Yang Maha Mencintai,

48. الْمَجِيد : Yang Maha Pemurah,

49. الْبَاعِثُ: Yang Membangkitkan,

50. الشَّهِيدُ : Yang Maha Menyaksikan,

51. الْحَقُّ : Yang Hak,

52. الْوَكِيل : Yang Melindungi,

53. الْقَوِيُّ :Yang Mahakuat,

54. الْمَتِين،: Yang Menolong,

55. الْوَلِيُّ : Yang Menolong

56. الْحَمِيد : Yang Maha Terpuji

57. الْمُحْصِي : Yang Maha Mencatat

58. الْمُبْدِئُ: Yang Memulai (penciptaan)

59. الْمُعِيدُ : Yang Mahamengembalikan

60. الْمُحْيِي: Yang Menghidupkan

61. الْمُمِيتُ : Yang Mematikan

62. الْحَيُّ : Yang Mahahidup

63. الْقَيُّومُ : Yang Mengatur makhluk-Nya

64. الْوَاجِد : Yang Mahakaya

65. الْمَاجِدُ : Yang Mahaagung

66. الْوَاحِدُ : Yang Mahaesa

67. الْأَحَدُ: Yang Mahasatu

68. الصَّمَدُ: Yang Mahadibutuhkan

69. الْقَادِرُ : Yang Berkuasa

70. الْمُقْتَدِرُ : Yang Mahamenentukan

71. الْمُقَدِّم : yang Mahamendahulukan

72. الْمُؤَخِّرُ : Yang Mahaakhir

73. الْأَوَّلُ :Yang awwal

74. الْآخِرُ : Yang Mahaakhir

75. الظاهر : Yang Zahir

76. الْبَاطِنُ : Yang Batin

77. الْوَالِي : Yang Mahamenolong

78. الْمُتَعَالِي : yang Mahatinggi

79. الْبَرُّ : Yang Mahamelimpahkan Kebaikan

80. التَّوَّابُ : Yang Mahamenerima taubat

81. الْمُنْتَقِمُ : Yang Mahamembalas

82. الْعَفُوّ : Yang Mahapemaaf

83. الرَّءُوفُ : Yang Pengasih

84. مَالِكُ الْمُلْكِ : Raja Semua Raja

85. ذُو الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ : Yang Mempunyai Keagungan dan Kemuliaan

86. الْمُقْسِطُ : Yang Mahadil

87. الْجَامِعُ : Yang Mahamenghimpun

88. الْغَنِيُّ : Yang Mahakaya

89. الْمُغْنِي : Yang Memberi Kekayaan

90. الْمَانِعُ : Yang Memberi

91. الضَّارُّ : Yang Mahamencegah

92. النَّافِعُ : Yang memberi manfaat

93. النُّورُ : Yang Mahacahaya

94. الْهَادِي : Yang Memberi Petunjuk

95. الْبَدِيع : Yang Membuat,

96. الْبَاقِي : Yang Kekal,

97. الْوَارِث : Yang Mewarisi,

98. الرَّشِيدُ : Yang Mahapandai

99. الصَّبُور :Yang Maha Penyabar.

Wallahu A’lam.

(Zs/IN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini