spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Arab Saudi dan Iran Rekonsiliasi, Diharapkan Perang Yaman Berakhir!

KNews.id- Iran mengatakan pemulihan hubungan diplomatik antara negaranya dengan Arab Saudi akan membantu menghadirkan penyelesaian politik untuk perang di Yaman. Dalam konflik tersebut, Iran mendukung pemberontak Houthi, sementara Arab saudi menyokong Pemerintah Yaman.

Pekan lalu, Iran dan Arab Saudi sepakat untuk membangun kembali hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan mereka. Hubungan kedua negara sempat putus selama tujuh tahun. Barat mengeklaim Iran memasok senjata untuk Pemberontak Houthi. Militer Barat berulang kali mencegat kapal-kapal Yaman yang membawa senjata asal Iran di Laut Merah.

- Advertisement -

China memediasi rekonsiliasi diplomatik antara Teheran dan Riyadh. Terobosan tersebut diyakini mengurangi kemungkinan konflik bersenjata antara kedua negara, baik secara langsung maupun dalam bentuk konflik proksi. Mengutip pernyataan dari misi PBB Iran, kantor berita IRNA mengatakan kesepakatan dengan Arab Saudi akan mempercepat upaya untuk memperbarui kesepakatan gencatan senjata yang telah berakhir, “

“Kesepakatan tersebut membantu memulai dialog nasional dan membentuk pemerintahan nasional yang inklusif di Yaman,” kata misi tetap Iran di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dilansir dari AP pada Senin (13/3).

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini